PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE VLOGGER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SHOPEE DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Generasi Milenial Pengguna Shopee Di Purwokerto)

Anggita, Syafni Aulia (2022) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE VLOGGER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SHOPEE DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Generasi Milenial Pengguna Shopee Di Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANGGITA SYAFNI AULIA_1717201055.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sosial media merupakan alat atau cara yang digunakan konsumen untuk membagikan informasi berupa gambar teks atau bahkan vidio. Perkembangan bisnis secara online di Indonesia sekarang sangat pesat, salah satunya dengan melakukan belanja secara online. Menurut sebagain besar ulama jual beli online dihalalkan selama tidak terdapat unsur gharar. Menurut Kotler, keputusan pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis yang mempunyai penjabaran yang luas. Variabel yang diambil peneliti adalah online customer review, online customer rating dan online vlogger review. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh online customer review, online customer rating dan online vlogger review terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee dimasa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah para generasi milenial pengguna shopee di Purwokerto. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,039<0,05, online customer rating berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,003<0,05, online vlogger review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,001<0,05, Sedangkan online customer review, online customer rating dan online vlogger review secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi shoppe dimasa pandemi covid-19 dengan nilai signifikan 0,000<0,05, dengan koefisien determinasi sebesar 51,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Online Customer Review, Online Customer Rating, Online Vlogger Review Dan Keputusan Pembelian
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anggita Syafni Aulia
Date Deposited: 14 Feb 2022 07:27
Last Modified: 14 Feb 2022 07:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item View Item