NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL 9 MATAHARI KARYA ADENITA

Fathia Istiqomah, 102331205 (2014) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL 9 MATAHARI KARYA ADENITA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V.pdf

Download (888kB) | Preview
[img] Text
Fathia Istiqomah_NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Degradasi moral anak zaman yang sangat merugikan kepentingan bangsa dan negara sedang semarak-maraknya berlangsung di negeri tercinta ini.Sendi-sendi kebangsaan yang dibangkitkan dari peradaban yang menjunjung tinggi moralitas kemanusiaan yang luhur semakin dijauhi dan “dimusuhi” anak zamannya. Menyaksikan hal ini, sepertinya keruntuhan moralitas anak zaman sudah mencapai titik nadir dan kiamatlah peri kemanusiaan di negeri ini. Untuk menjadikan bangsa Indonesia yang bermartabat, Indonesia terlebih dahulu harus memiliki masyarakat yang berkualitas pula. Untuk mewujudkannya diperlukan konsep pendidikan yang komprehensif di mana tidak sekadar pendidikan yang mencerdaskan secara intelektual saja, melainkanbagaimana pendidikan itu bisa membuat manusia yang berakhlaqul karimah. Kecerdasan plus karakter itulah, yang kemudian dinamakan pendidikan karakter, yang menitikberatkan pada upaya memperbaiki akhlak dan moral bangsa. Dengan melihat latar belakang di atas, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terkandung dalam novel 9 Matahari, bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter tersebut terhadap fenomena pendidikan, dan bagaimana strategi menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan karakter tersebut terhadap mahasiswa dan kehidupan masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (library research) yang bersifat deskriptif analisis dengan menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel 9 Matahari. Adapun metode pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan menggunakan analisi isi (content analysis) sebagai metode dalam menganalisa datanya. Untuk menggali data tentang background kehidupan maupun pemikiran Adenita, keberadaan novel 9 Matahari, konfirmasi, dan kelengkapan data dilakukan wawancara mendalam (indepth interview) dengan Adenita. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yaitu buku-buku pendidikan karakter terutama buku karya Thomas Lickona dan novel 9 Matahari. Sumber data sekunder yaitu berupa buku/karya Adenita selain 9 Matahari dan literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini. Setelah melakukan pengkajian dapat ditemukan hasilnya adalah; 1) nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel 9 Matahari karya Adenita meliputi: kebijaksanaan, keadilan, ketabahan, pengendalian diri, kasih, sikap positif, kerja keras, ketulusan hati, berterima kasih, kerendahan hati. 2) Relevansi nilai pendidikan karakter tersebut diharapkan mengoptimalisasikan lingkungan sekolah yang kreatif, inovatif, dan integratif dan dikembangkan di atas etika dan moral yang baik. 3) Strategi internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter tersebut terhadap kehidupan mahasiswa dan masyarakat diantaranya dengan pembiasaan nilai-nilai dan perilaku luhur, keteladanan, kegiatan spontan, pengkondisian lingkungan, dan kegiatan rutin. Kata Kunci : nilai, degradasi moral, pendidikan karakter, akhlaqul karimah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 30 Sep 2016 02:44
Last Modified: 30 Sep 2016 02:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1271

Actions (login required)

View Item View Item