PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BHASAN CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA BAGI SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU 02 BUNGKANEL KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Hadminah, 092336103 (2012) PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BHASAN CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA BAGI SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU 02 BUNGKANEL KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (710kB) | Preview
[img] Text
Hadminah_PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan suatu ilmu teoritis, tetapi teori tersebut didasarkan atas pengamatan. IPA mempunyai ciri khas yaitu objektif, metodik, sistematik dan berlaku umum. Dengan sifat-sifat tersebut, maka orang yang selalu berhubungan dengan ilmu pengetahuan akan terbimbing sedemikian hingga padanya terkembangkan suatu sikap yang disebut sikap ilmiah yang salah satu dari sikap ilmiah tersebut adalah tidak percaya begitu saja pada suatu kesimpulan tanpa adanya bukti-bukti nyata. Namun dalam realitanya di sekolah, siswa selalu diberi pembelajaran dengan strategi konvensional yang dengan strategi tersebut siswa tidak berkembang dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar siswa tidak tuntas. Menyikapi permasalahan di atas, perlu dikembangkan metode yang tepat dan efektif. Pendekatan inkuiri, metode demonstrasi dan metode eksperimen sebagai salah satu pendekatan dan metode alternatif yang menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan yang diharapkan mampu meningkatkan motivas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Beranjak dari permasalahan di atas, maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Ma’arif Nu Bungkanel Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (class-room action research) dengan jenis penelitian mandiri. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan analisa deskriptf kualitatif sedangkan data yang bersifat kuantitatf dianalisa dengan analisa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan pada pada data awal nilai rata-rata hasil belajar siswa 46,31 dengan ketuntasan hasil belajar siswa 16,66 %. Setelah dilakukan tindakan dengan pembelajaran metode Quantum Learning tentang sifat-sifat cahaya yang telah dipelajari menjadi meningkat, yaitu nila rata-rata pada siklus I 54,31 siklus II 78,42. Dan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I 31,57 % dan pada siklus II naik menjadi 84,42 %., sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode Quantum Learning mengalami peningkatan hasil belajar yang sangat baik sesuai dengan indikator keberhasilan. Kata Kunci : Metode Quantum Learning dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 29 Sep 2016 03:06
Last Modified: 29 Sep 2016 03:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item View Item