DEBY, YULIANA (2022) PENGARUH BRAND EXPERIENCE, BRAND IMAGE DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP BRAND LOYALTY BY.U (Survei Pada Followers Akun Instagram @byu.d). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
DEBY YULIANA_PENGARUH BRAND EXPERIENCE, BRAND IMAGE DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP BRAND LOYALTY BY.U (SURVEI PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @BYU.ID).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pada tahun 2019 operator selular di Indonesia mulai mengeluarkan produk operator digital barunya masing-masing. Hal ini terjadi karena adanya perkembangan teknologi yang ditandai dengan adanya internet. By.U merupakan operator digital pertama di Indonesia yang dikeluarkan oleh Telkomsel. Untuk mempertahankan bisnisnya salah satu cara yang dapat dilakukan oleh by.U adalah dengan memperhatikan tingkat keloyalitasan penggunanya. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk menganalisis variabel yang berpengaruh terhadap loyalitas pada merek by.U. Beberapa variabel yang dapat dianalisis yaitu brand experience, brand image dan e-service quality. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap brand loyalty by.U. Survei dalam penelitian ini dilakukan pada followers akun Instagram @byu.id. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, telusur pustaka, buku, jurnal dan internet. Analisis uji instrumen menggunakan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 22. Hasil penelitian ini adalah (1) brand experience secara parsial mempengaruhi brand loyalty, (2) brand image secara parsial mempengaruhi brand loyalty, (3) e-service quality secara parsial mempengaruhi brand loyalty, dan (4) brand experience, brand image dan e-service quality secara simultan mempengaruhi brand loyalty pada followers akun Instagram @byu.id. Sedangkan kajian Ekonomi Islam dalam penelitian ini menunjukan bahwa menjaga brand loyalty sebenarnya sudah dilakukan pada zaman Rasulullah, pada saat beliau berdagang bukan hanya tentang menjual barang, tetapi juga memperhatikan faktor psikologis dan emosional pelanggan. Oleh karena itu, menggunakan prinsip-prinsip Islam dapat dilakukan dalam strategi pemasaran bisnis pada saat ini untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Hal ini sejalan dengan tiga karakteristik by.U: digitalisasi, personalisasi, dan transparansi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand loyalty, brand experience, brand image, e-service quality. |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Sdri Deby Yuliana |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 02:27 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 02:27 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12697 |
Actions (login required)
View Item |