STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT PERSPEKTIF AL'ARABIYAH LIL ATHFAL SISWA KELAS V DI MI MA'ARIF NU KARANGNANGKA KEDUNG BANTENG BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Nurul, Solichah (2022) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT PERSPEKTIF AL'ARABIYAH LIL ATHFAL SISWA KELAS V DI MI MA'ARIF NU KARANGNANGKA KEDUNG BANTENG BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NUURUL HIDAYATUS SOLICHAH_STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT PERSPEKTIF AL'ARABIYAH LIL ATHFAL SISWA KELAS V DI MI MA'ARIF NU KARANGNANGKA KEDUNGBANTENG BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Dalam proses kegiatan belajar mengajar strategi pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting. Untuk memudahkan peserta didik dalam memahami pembelajaran khususnya dalam pembelajaran mufrodat tentu sangat diperlukan seorang guru yang profesional yang mampu menghandel pembelajaran dengan baik serta mampu menentukan strategi yang tepat dengan melihat bagaimana keadaan dan kondisi peserta didik. Adapun strategi pembelajaran bahasa Arab untuk anak-anak yang masih dalam tahap kongkrit operasional disebut juga dengan al’arabiyah lil athfal yaitu pembelajaran bahasa Arab untuk anak usia dini yakni usia taman kanak-kanak dan sekolah dasar (MI/SD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam pembelajaran mufrodat perspektif al’arabiyah lil athfal siswa kelas V di MI Ma’arif NU Karangnangka Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan tiga tahap analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh data mengenai strategi al’arabiyah lil athfal dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam materi mufrodat dalam pengenalannya sudah diterapkan strategi al’arabiyah lil athfal diantaranya dengan bernyanyi, bercakap-cakap, demonstrasi, projek dan bercerita. Dalam menerapkan strategi tersebut meskipun belum begitu efektif namun dalam penerapannya guru tetap memperhatikan dan mempertimbangkan sesuai dengan keadaan serta kondisi peserta didik. Kata kunci: Strategi, Mufrodat, dan Al’arabiyah Lil Athfal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Mufrodat, Al'arabiyah Lil Athfal
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Hidayatus Solichah sdr
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:28
Last Modified: 14 Feb 2022 02:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12680

Actions (login required)

View Item View Item