PENGARUH PROGRAM JAMINAN SOSIAL TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Penerima Program Kartu Prakerja di Kabupaten Banyumas Tahun 2020)

Risni, Sinaga (2022) PENGARUH PROGRAM JAMINAN SOSIAL TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Penerima Program Kartu Prakerja di Kabupaten Banyumas Tahun 2020). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Risni Sinaga_Pengaruh Program Jaminan Sosial Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Penerima Kartu Prakerja di Kabupaten Banyumas Tahun 2020).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Beberapa dampak yang dihasilkan dari adanya Coronavirus (Covid-19) ini antara lain adalah pemutusan hubungan kerja (PHK) yang menyebabkan adanya pengangguran, sehingga pemerintah mengeluarkan beberapa program jaminan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan diarahkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat secara produktif sehingga mereka mampi menghasilkan nilai tambah tinggi dan pendapatan yang lebih besar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh program jaminan sosial terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode kuesioner yang disebar pada masyarakat penerima Kartu Prakerja Tahun 2020 di Kabupaten Banyumas. Jumlah sampel yang datanya berhasil diolah yaitu sebanyak 97 responden. Metode pemilihan sampel yang digunakan yaitu metode simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program jaminan sosial berpengaruh terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kata kunci : Program Jaminan Sosial, Pemberdayaan ekonomi, Kartu Prakerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Jaminan Sosial, Pemberdayaan ekonomi, Kartu Prakerja.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Risni Sinaga sdri
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:04
Last Modified: 14 Feb 2022 03:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12655

Actions (login required)

View Item View Item