ANALISIS NILAI – NILAI KARAKTER DALAM SERIAL ANIMASI NUSSA (SEASON 2) KARYA ADITYA TRIANTORO SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER SD/MI DALAM KURIKULUM 2013

NADILA ROEFATUL, JANNAH (2021) ANALISIS NILAI – NILAI KARAKTER DALAM SERIAL ANIMASI NUSSA (SEASON 2) KARYA ADITYA TRIANTORO SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER SD/MI DALAM KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nadila Roefatul Jannah_Analisis Nilai-nilai Karakter dalam Serial Animasi Nussa (Season 2) Karya Aditya Triantoro serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter SD MI dalam Kurikulum 2013.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penyimpangan – penyimpangan yang marak terjadi menandai adanya pengikisan nilai karakter. Ditambah kurangnya tontonan yang mendidik bagi anak – anak menjadi faktor penting diadakannya penanaman nilai karakter. Dalam hal ini peran pendidikan sangatlah penting baik pendidikan dalam keluarga, sekolah ataupun masyarakat. Karakter seseorang yang terbentuk dapat dipengaruhi oleh lingkungannya. Penanaman nilai karater ini menjadi sesuatu hal yang harus dilakukan untuk mencegah sekaligus memperbaiki penyimpangan – penyimpangan yang terjadi. Banyak hal yang dapat dijadikan media penanaman nilai karakter salah satunya animasi Nussa karya Aditya Triantoro. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis nilai karakter apa saja yang terdapat dalam serial animasi Nussa karya Aditya Triantoro. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research). Ada 2 sumber data dalam penelitian ini yaitu serial animasi Nussa sebagai sumber data primer dan data sekunder di dapat dari skripsi terdahulu, buku – buku, jurnal, ataupun data dari televisi dan internet yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Serta teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 15 nilai karakter dalam serial animasi Nussa (season 2) yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggungjawab. Ke 15 nilai yang ditemukan relevan dengan pendidikan karakter SD/MI dalam kurikulum 2013 karena nilai – nilai tersebut termasuk bagian dalam 18 nilai pendidikan karakter menurut Kemendikbud yang diimplementasikan dalam kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) dalam pembelajaran sehingga dapat dijadikan sebagai media dalam pendidikan karakter pada anak. Kata Kunci : Nilai, Karakter, Pendidikan Karakter SD/MI, Serial Animasi Nussa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Karakter, Pendidikan Karakter SD/MI, Serial Animasi Nussa.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Nadila Roefatul Jannah
Date Deposited: 05 Feb 2022 05:17
Last Modified: 05 Feb 2022 05:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12535

Actions (login required)

View Item View Item