PENDAMPINGAN KESELAMATAN KERJA NELAYAN KECIL OLEH DINAS PERIKANAN KABUPATEN CILACAP PERSPEKTIF HUKUM POSITIF

Elvin, Subekti (2022) PENDAMPINGAN KESELAMATAN KERJA NELAYAN KECIL OLEH DINAS PERIKANAN KABUPATEN CILACAP PERSPEKTIF HUKUM POSITIF. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Abstrak_Daftar isi_Bab I_Bab V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Elvin subekti_Pendampingan Keselamatan Kerja Nelayan Kecil Oleh Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap Perspektif Hukum Positif.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Sumber daya laut yang sangat besar jumlahnya merupakan modal dasar dalam pembangunan nasional. Demi mengupayakan terwujudnya kesejahteraan sosial bagi masyarakat nelayan, diperlukan regulasi yang secara jelas mengatur tentang perlindungan terhadap keselamatan nelayan kecil agar terhindar dari kerugian yang bisa saja dialami akibat dari risiko yang dihadapi saat bekerja mencari ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendampingan keselamatan kerja nelayan kecil oleh Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap dan dilihat dari perspektif hukum positif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yuridis normatife. Yuridis normatife yaitu jenis pendekatan yang menggunakan ketentuan perundang-undangan yang berlaku atau metode pendekatan hukum doktrinal yaitu teori-teori hukum dan pendapat para Ilmuwan hukum. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui penelusuran, membaca dan mencatat, tindakan selanjutnya adalah penyusunan data, mengklasifikasinya, yang kemudian dilanjutkan dengan penganalisaan data yang menghasilkan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan bahwa, pendampingan Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap terhadap keselamatan nelayan kecil sudah ada, Dinas Perikanan telah melaksanakan perannya sebagai motivator, komunikator, dan fasilitator. Peran tersebut sudah terlaksana dilihat dari adanya bantuan berupa alat keselamatan, adanya pelatihan keselamatan kerja, serta adanya sosialisasi dan penyuluhan yang mencakup program asuransi. Kemudian Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap juga mendampingi nelayan dalam proses klaim asuransi. Pendampingan Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap terhadap keselamatan nelayan kecil telah mengikuti aturan yang berlaku dalam Pasal 33 dan Pasal 40 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2016 serta pada Pasal 13 Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18/PERMEN-KP/2016. Akan tetapi, adanya pandemi covid-19 membuat pendampingan yang dilakukan Dinas Perikanan belum optimal. Kata kunci : Pendampingan Keselamatan Kerja, Nelayan Kecil, Hukum Positif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Keselamatan Kerja, Nelayan Kecil, Hukum Positif
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.3 Specific Jurisdiction (Undang-undang dan Peraturan)
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.598 Law of Indonesia (UU, Peraturan di Indonesia)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Elvin Subekti sdr
Date Deposited: 04 Feb 2022 23:42
Last Modified: 22 Feb 2022 03:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12520

Actions (login required)

View Item View Item