Pembinaan Kepribadian Muslim Siswa di SMA Negeri Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015

NENI KURNIATI, NIM. 102331201 (2015) Pembinaan Kepribadian Muslim Siswa di SMA Negeri Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NENI KURNIATI_PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI SMA NEGERI SUMPIUH KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

Masa remaja sebagai periode perkembangan yang paling penting bagi individu pada kenyataannya merupakan suatu periode yang rentan akan timbulnya berbagai masalah penyimpangan sosial. Banyak diantara mereka yang akhirnya melakukan tindakan tercela dan menjurus pada kenakalan remaja. Namun demikian kita juga merasa bangga karena masih banyak remaja yang aktif dalam berbagai kegiatan positif baik dalam kegiatan keagamaan maupun sosial kemasyarakatan. Dalam hal ini Pendidikan Agama Islam juga sangat diperlukan untuk kesiapan menghadapi tantangan tersebut sekaligus menghadapi dampak negatif dari apa yang akan terjadi akibat dari perkembangan zaman. Untuk itu sangat penting bagi sekolah mengadakan pembinaan kepribadian muslim siswa seperti yang dilakukan oleh SMA Negeri Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan kepribadian muslim siswa di SMA Negeri Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa SMA Negeri Sumpiuh. Obyek penelitiannya adalah pembinaan kepribadian muslim siswa dalam kegiatan keagamaan dan pembelajaran pada siswa SMA Negeri Sumpiuh tahun pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data di peroleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah bersifat induktif interaktif dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembinaan kepribadian muslim siswa dilakukan dalam bentuk aksi seperti menyusun baerbagai kegiatan keagamaan baik kegiatan rutin maupun kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), pemberian materi pelajaran yang berhubungan dengan kepribadian muslim, dan juga mengaplikasikan berbagai metode dan pendekatan dalam proses pembinaan, seperti ceramah, pembiasaan, keteladanan, nasihat, pengawasan, perhatian, ganjaran dan hukuman. Semua warga sekolah ikut berperan dan mendukung dalam pembinaan kepribadian muslim, baik Kepala Sekolah, guru, staf maupun siswa dan terutama guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembina dalam setiap kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Kepribadian Muslim, Siswa SMA.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 27 Sep 2016 03:41
Last Modified: 27 Sep 2016 03:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item View Item