EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN (Studi Kasus di Desa Besuki Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas)

Suyanti, Suyanti (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN (Studi Kasus di Desa Besuki Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Suyanti_Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan (Studi Kasus di Desa Besuki Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Menurut BPS (Badan Pusat Statistik) kemiskinan diartikan sebagai ketidakmampuan untuk memenuhi standar minimum kebutuhan dasar yang meliputi kebutuhan pangan maupun nonpangan. Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program kebijakan pemerintah dalam mengatasi kemiskinan. Melalui PKH, Keluarga Miskin (KM) didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan. Fokus permasalahan yang ingin dicapai jawabanya dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan PKH serta efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam upaya penanggulangan kemiskinan di Desa Besuki Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dari data-data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menemukan efektivitas PKH yang diukur melalui empat indikator yaitu ketepatan sasaran program, sosialisasi program, pengetahuan dan ketepatan tujuan program serta pemantauan program menunjukan bahwa PKH di Desa Besuki telah berjalan dengan efektif. Terdapat beberapa aspek keberhasilan PKH pada kehidupan keluarga miskin di Desa Besuki. Dilihat dari nilai-nilai ekonomi Islam yaitu keadilan, tanggung jawab dan takaful (jaminan sosial) sudah tercapai, hanya saja pada prinsip keadilan belum sepenuhnya terlaksana dikarenakan masih banyak masyarakat miskin yang terdaftar dalam DTKS (Data Terapadu Kesejahteraan Sosial) namun belum mendapatkan bantuan PKH.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Efektivitas, PKH.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Suyanti S
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:23
Last Modified: 31 Jan 2022 04:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12484

Actions (login required)

View Item View Item