MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN MTs BERBASIS PESANTREN (Studi Pada MTs Darussalam Cilongok Kab. Banyumas)

dian, eka prabawti (2022) MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN MTs BERBASIS PESANTREN (Studi Pada MTs Darussalam Cilongok Kab. Banyumas). Skripsi thesis, UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN EKA PRABAWATI_MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN MTs BERBASIS PESANTREN (Studi Pada MTs Darussalam Cilongok Kab. Banyumas).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya untuk meningkatkan pendidikan di pondok pesantren. Kepedulian masyarakan akan pendidikan pondok pesantren secara umum masih standar. Faktor utama dari masyarakat adalah mengenai pembiayaan pendidikan yang dianggap sangat mahal. Oleh karena itu Yayasan Darussalam ingin membantu warga sekitar supaya anaknya bisa tetap melanjutkan pendidikan formal maupun non formal, syukur bisa keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisipkan kompetensi pedagogik manajemen pembiayaan di MTs Darussalam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sumber yang didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu data di analisis melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulanObjek dalam penelitian adalah Kepala Mdrasah, bendahara, kepala TU. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen pembiayaan pendidikan berasal dari dana BOS. Adanya lembaga pendidikan formal dan non formal maka, Yayasan Darussalam mewajibkan bagi santri yang berada di pesantren untuk sekolah di MTs Darussalam. Siswa yang telah terdaftar sebagai murid di MTs Darussalam sudah otomatis terdaftar di EMIS dan mendapatkan dana dari BOS. Anggaran dari BOS ini digunakan untuk biaya operasional madrasah sekaligus gaji guru, staf dan karyawan. Tentunya dalam anggaran tersebut ada kekurangan dan biasanya kekurangan tersebut diambil dari Yayasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembiayaan MTs Berbasis Pesantren
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dian Eka Prabawati sdri
Date Deposited: 30 Jan 2022 22:42
Last Modified: 30 Jan 2022 22:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12459

Actions (login required)

View Item View Item