SISTEM TEBUS MURAH PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Toko Q-La Kecamatan Kedungbanteng Banyumas)

Umi, Mualifah (2022) SISTEM TEBUS MURAH PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Toko Q-La Kecamatan Kedungbanteng Banyumas). Skripsi thesis, UIN Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Umi Mualifah_Sistem Tebus Murah Perspektif Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jual beli yaitu peristiwa bertemunya penjual dan pembeli yang mana diantara mereka saling mengharapkan keuntungan. Praktek jual beli diminati banyak masyarakat karena dari jual beli tersebut dapat diperoleh hasil yang diinginkan seperti susuatu yang dibutuhkan. Dalam pelaksanaan jual beli untuk mendapatkan keuntungan dan mempertahankannya, penjual biasanya melakukan suatu strategi. Strategi promosi lah yang menjadi jalan untuk mencapai tujuannya yaitu tidak lain untuk menarik minat konsumen agar membeli suatu produk. Seperti yang dilakukan Toko Q-La Kecamatan Kedungbanteng Banyumas, strategi yang dilaksanakan di toko tersebut yaitu penerapan sistem tebus murah yang mana konsumen diperkenankan membeli sebuah produk yang sudah ditentukan oleh pihak toko. Adapun permsasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem tebus murah di Toko Q-La Kecamatan Kedungbanteng Banyumas? Dan bagaimana perspektif Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap sistem tebus murah tersebut? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan didukung penelitian kepustakaan (library research) dari beragam literatur yang sesuai dengan masalah yang diteliti. Sedangkan pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa sistem tebus murah sama halnya jual beli dengan syarat khusus, menurut Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah jual beli dengan syarat khusus akadnya sah dan mengikat apabila syarat tersebut menguntungkan kedua pihak. Dalam kasus tebus murah di Toko Q-La Kedungbanteng Banyumas jual beli dengan syarat khusus ini akadnya sah dan mengikat karena kedua pihak yaitu pihak toko dan konsumen samasama diuntungkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual beli, Promosi, Kompleks Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Umi Mualifah sdri
Date Deposited: 27 Jan 2022 06:12
Last Modified: 31 Jan 2022 04:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12443

Actions (login required)

View Item View Item