TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM BISNIS PERIKLANAN PADA APLIKASI VTUBE (Studi Kasus Para Pengguna VTube di Kabupaten Banyumas)

Annis, Fikri Ardillah (2022) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM BISNIS PERIKLANAN PADA APLIKASI VTUBE (Studi Kasus Para Pengguna VTube di Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANNIS FIKRI ARDILLAH_TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM BISNIS PERIKLANAN PADA APLIKASI VTUBE.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan berbisnis kita tidak dapat lepas dari suatu bentuk transaksi, adapun transaksi tersebut diantaranya ija>rah dan jual beli (Ba>i’). Salah satu bentuk ija>rah adalah praktik dimana perusahaan VTube menyewakan jasanya dengan cara menonton iklan sebanyak 10 kali perhari. Pembayaran upah diberikan setelah menyelesaikan misi menonton iklan. Sedangkan dalam akad jual beli (Ba>i’) VP pada aplikasi VTube terjadi pada saat pihak pengguna aplikasi dan Perusahaan saling menjual dan membeli VP di Exchange Counter (tempat jual beli VP), kemudian VP tersebut dapat ditukarkan menjadi uang, ketika telah transaksi jual beli VP. Diberikannya uang dari hasil jual beli VP antara pengguna aplikasi dan perusahaan VTube itu melalui transfer di ATM Bank masing-masing setiap member VTube. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil lokasi penelitian di Kabupaten Banyumas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara secara daring melalui pengisian kuisioner di google forms, dan dokumentasi yang berupa hasil kuisioner. Analisis data dilakukan dengan pendekatan normatif-empiris hukum ekonomi syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik akad jual beli (Bai’) View Poin termasuk jenis jual beli pada umumnya. Namun praktik jual beli View Poin pada aplikasi VTube tidak sah, karena View Poin (VP) tersebut tidak bisa dijadikan objek transaksi mua>wad}ah yang memenuhi syarat-syarat jual beli. Sebab, View Poin termasuk ke dalam kategori barang ma'dum (fiktif) seolah ada, tetapi nyatanya tidak ada. Dengan memperhatikan norma-norma hukum ekonomi syariah yang berlaku, maka praktik sistem bisnis periklanan pada aplikasi VTube di Kabupaten Banyumas merupakan praktik sistem bisnis yang diharamkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syariah, Ija>rah, Sistem Bisnis VTube, Jual Beli VP.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Annis Fikri Ardillah
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:33
Last Modified: 19 Jan 2022 07:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12400

Actions (login required)

View Item View Item