MODEL MARKETING SEKOLAH DI MA MA'ARIF BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA

Fahrurrozi, Zulkarnain Alfadh (2021) MODEL MARKETING SEKOLAH DI MA MA'ARIF BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fahrurrozi Zulkarnain Alfadh_Model Marketing Sekolah di MA Ma'arif Bawang Kabupaten Banjarnegara.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pendidikan adanya model marketing pendidikan guna mendukung kemajuan lembaga pendidikan. Tujuannya untuk mempromosikan atau mensosialisasikan lembaga pendidikan kepada masyarakat. Salah satunya adalah MA Ma’arif NU Bawang, dimana MA Ma’arif NU Bawang melakukan sosialisasi atau mempromosikan sekolah yaitu dengan cara door to door atau langsung mengunjungi rumah warga yang ada di sekitar sekolah, selanjutnya pihak sekolah juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ta’ziah ketika ada warga yang meninggal dunia pembiasaan yang dilakukan sekolah, tetap saja warga kurang berminat dalam menyekolahkan anaknya. Adapun faktor-fakor yang mempengaruhinya yaitu faktor internal maupun eksternal. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang artinya penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan cara mengumpulkan, menggambarkan, menguraikan data yang diperoleh dari hasil penelitian kepustakaan untuk dicari korelasinya dengan teori yang berkaitan dalam pembahasan ini. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data-data dari sumber-sumber berupa buku-buku, jurnal, artikel dan keputusan-keputusan serta wawancara yang berkaitan dengan model marketing sekolah di MA Ma’arif NU Bawang. Penelitian ini menunjukan bahwa dalam perencanaan pemasaran di MA Ma’arif NU Bawang ada dua bentuk perencanaan pemasaran yaitu pemasaran internal dan eksternal dengan beberapa tahapan yaitu manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Dalam penerapannya, pemasaran yang dilakukan oleh MA Ma’arif NU Bawang mengacu kepada konsep pemasaran menurut teori yang ada yaitu berorientasi terhadap 7P (Produk, Place, Price, Promotion, People, Phisycal evidence, Proses).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Marketing, Pendidikan, MA Ma’arif NU Bawang
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fahrurrozi Zulkarnain Alfadh sdr
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:55
Last Modified: 17 Jan 2022 03:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12392

Actions (login required)

View Item View Item