KOMODIFIKASI HIJAB DALAM IKLAN NIVEA WHITENING HIJAB FRESH DUO DI JEJARING SOSIAL YOUTUBE (Tinjauan Semiotika Roland Barthes)

NUR, LATIFAH (2022) KOMODIFIKASI HIJAB DALAM IKLAN NIVEA WHITENING HIJAB FRESH DUO DI JEJARING SOSIAL YOUTUBE (Tinjauan Semiotika Roland Barthes). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text (Nur Latifah_Komodifikasi Hijab Dalam Iklan Nivea Whitening Hijab Fresh Duo Di Jejaring Sosial Youtube)
KOMODIFIKASI HIJAB DALAM IKLAN NIVEA WHITENING HIJAB FRESH DUO DI JEJARING SOSIAL YOUTUBE.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Indonesia dengan mayoritas penduduknya adalah muslim, bagi perempuan muslim menutup aurat adalah hukumnya wajib. Jika melihat aktivitas perempuan baik dalam ranah domestik dan publik, dengan mengenakan pakaian yang tertutup membentuk suatu kekhawatiran tidak nyaman karena bau badan. Melalui problem tersebut, media dalam hal ini mengambil kesempatan dengan melakukan komodifikasi hijab yang ditampilkan lewat iklan NIVEA Whitening Hijab Fresh Duo. Dalam penelitian ini penulis berusaha untuk membongkar bagaimana iklan melakukan komodifikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan dengan jenis penelitian kepustakaan. Komodifikasi pada iklan Nivea dibongkar melalui pemaknaan tanda yang mengacu kepada semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian berdasarkan semiotika Roland Barthes yang penulis lakukan pada iklan NIVEA Whitening Hijab Fresh Duo, penulis menemukan adanya komodifikasi pada hijab melalui makna denotasi, konotasi dan mitos dalam iklan NIVEA Whitening Hijab Fresh Duo. Kata kunci: komodifikasi, hijab, iklan, semiotika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komodifikasi, hijab, iklan, semiotika, Roland Barthes
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Latifah
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:47
Last Modified: 07 Jan 2022 07:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12365

Actions (login required)

View Item View Item