IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SECARA DARING BAGI KELAS INKLUSI DI SMPIT INARATUL ISLAM KARAWANG

Asyfa, Walizatulambia (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SECARA DARING BAGI KELAS INKLUSI DI SMPIT INARATUL ISLAM KARAWANG. Skripsi thesis, UIN Prof K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Asyfa Walizatulambia_Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Secara Daring bagi Kelas Inklusi di SMPIT Inaratul Islam Karawang.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Covid-19 membawa pengaruh besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam pelaksanaan pendidikan di masa Covid-19 yang mengakibatkan pembelajaran tatap muka tergantikan dengan pembelajaran daring demi mengatasi penyebaran Covid-19, pembelajaran daring tidak hanya diterapkan bagi anak normal saja namun juga pada anak bekebutuhan khsusus termasuk di SMPIT Inaratul Islam Karawang Provinsi Jawa Barat yang merupakan daerah tertinggi Covid-19 setelah DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) secara daring bagi kelas inklusi di SMPIT Inaratul Islam Karawang. Penelitain ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan fenomena yang dilakukan oleh subjek penelitian pada implementasi pembelajaran PAI secara daring. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat di ketahui bahwa implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) secara daring bagi kelas inklusi di SMPIT Inaratul Islam Karawang diawali dengan guru mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) daring yang disesuaikan dengan kurikulum pandemi dan juga menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus, kemudian guru juga menyiapkan bahan pembelajaran berupa video pembelajaran yang dibuat sendiri oleh guru, dan buku paket sebagai sumber belajar, kemudian pada pelaksanaan pembelajaran daring guru menggunakan aplikasi WhatsApp dengan melakukan video call untuk menjelaskan materi kepada peserta didik reguler dan peserta didik berkebutuhan khusus dengan menggunakan berbagai metode, strategi, pendekatan dan prinsip-prinsip yang disesuaikan dengan peserta didik. Selanjutnya evaluasi pembelajaran PAI bagi peserta didik reguler dan berkebutuhan khusus dilakukan dengan memberikan soal-soal yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik, yang dikirimkan melalui aplikasi WhatsApp untuk dikerjakan dirumah masing-masing. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring bagi kelas inklusi di SMPIT Inaratul Islam Karawang telah terlaksana dan berjalan dengan cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Daring, Implementasi,Kelas Inklusi, Pembelajaran PAI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asyfa Walizatul Ambia sdr
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:28
Last Modified: 03 Jan 2022 04:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12361

Actions (login required)

View Item View Item