IMPLEMENTASI METODE TAHSIN DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN DI TPQ MAFATIHUL BAROKAH KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS

Afika, Indriani (2021) IMPLEMENTASI METODE TAHSIN DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN DI TPQ MAFATIHUL BAROKAH KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AFIKA INDRIANI_IMPLEMENTASI METODE TAHSIN DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN di TPQ MAFATIHUL BAROKAH KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Membaca Al-Quran merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam sama halnya dengan mempelajari Al-Quran. Setiap kali membaca Al-Quran, akan ada 1 kebaikan yang didapat. Dalam membaca Al-Quran penting untuk memahami makna yang terkandung dalam Al-Quran agar tidak salah memahami. Oleh karena itu, diperlukan kesungguhan dalam mempelajari Al-Quran mulai dari tajwid, makharijul huruf dan sifat-sifat huruf. Butuh waktu lama agar bisa lancar dalam membaca Al-Quran, bahkan seseorang baru bisa lancar tanpa koreksi setelah melewati juz ke-15. Ada banyak metode yang bisa digunakan dalam mempelajari Al-Quran, tetapi TPQ Mafatihul Barokah memilih untuk menggunakan metode Tahsin dalam pembelajaran Al-Quran. Rumusan masalah dalama penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode Tahsin dalam pembelajaran Al-Quran di TPQ Mafatihul Barokah Kebarongan Kemranjen Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang termasuk jenis penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah mencari tahu tentang bagaimana implementasi metode Tahsin dalam pembelajaran Al-Quran di TPQ Mafatihul Barokah. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Tahsin dalam pembelajaran Al-Quran di TPQ Mafatihul Barokah mempunyai 4 kegiatan utama; Pertama, Pembuka. Kedua, Kegiatan inti pembelajaran yang meliputi: mendengarkan, menirukan, menghafal dan setoran hafalan individu. Ketiga, Penutup. Keempat, Evaluasi biasanya dilakukan diakhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karya Tulis Akhir
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afika Indriani sdri
Date Deposited: 21 Dec 2021 08:08
Last Modified: 21 Dec 2021 08:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12317

Actions (login required)

View Item View Item