STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PROGRAM UNGGULAN DI MI MA'ARIF AL FALAH JOYOKUSUMO PARAKANCANGGAH BANJARNEGARA

Fatma Sholikhatul, Akhir (2021) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PROGRAM UNGGULAN DI MI MA'ARIF AL FALAH JOYOKUSUMO PARAKANCANGGAH BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fatma Sholikhatul Akhir_Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Program Unggulan di MI Ma'arif Al Falah Joyokusumo Parakancanggah Banjarnegara.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi merupakan suatu prosedur yang dijadikan sebagai alat untuk menjalankan kegiatan dalam mencapai tujuan madrasah. Untuk itu, kepala madrasah memiliki peran penting dalam membuat strategi salah satunya yaitu dengan program unggulan. Upaya meningkatkan prestasi program unggulan merupakan salah satu cara atau strategi kepala madrasah dalam mewujudkan tujuan madrasah yakni menjadi madrasah yang unggul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi unggulan di MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo Parakancanggah Banjarnegara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskrptif. Penelitian ini berlokasi di MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo Parakancanggah Banjarnegara dengan obyek strategi kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi program unggulan. Subyek pada penelitian ini yaitu kepala madrasah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya kepala dalam pelaksanaan program unggulan di MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo Parakancanggah Banjarnegara berjalan dengan baik, yakni: 1) Kebijakan kepala madrasah mengenai anggaran yang dikeluarkan untuk pembiayaan guru khusus program unggulan diambil dari infak bulanan dari peserta didik, dan tidak ada biaya penarikan khusus untuk guru program unggulan, 2) Kepala madrasah memberikan fasilitas kepada peserta didik pada saat registrasi awal masuk penerimaan peserta didik baru, dan menyediakan asrama untuk program akselerasi dalam rangka menunjang proses pembelajaran program unggulan, 3) Kepala madrasah menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dalam proses pembelajaran program unggulan dengan mendatangkan guru khusus program yang berbakat dan berprestasi dari alumni pondok pesantren, 4) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi program unggulan di MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo yaitu dengan mengikut sertakan guru dalam pelatihan tilawatil Qur’an, tes uji kompetensi tilawatil Qur’an, pelatihan kaligrafi, setoran hafalan, pelatihan LPD-Q, dan kegiatan MMQ, kepala madrasah menerapkan program unggulan sebagai mata pelajaran sebagaimana mata pelajaran umum lainnya, serta mengadakan Gelar MIMAU Multitalenta untuk peserta didik. Kata Kunci: Strategi, kepala madrasah, program unggulan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, kepala madrasah, program unggulan
Subjects: 000 Generalities > 060 General organization and museology
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fatma Sholikhatul sdr
Date Deposited: 20 Dec 2021 01:38
Last Modified: 20 Dec 2021 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12292

Actions (login required)

View Item View Item