MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 156 KARANGLEWAS LOR PURWOKERTO BARAT BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ANISA HIDAYATI, NIM. 092333037 (2014) MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 156 KARANGLEWAS LOR PURWOKERTO BARAT BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ANISA HIDAYATI_MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 156 KARANGLEWAS LOR PURWOKERTO BARAT BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (823kB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada Taman Kanak-Kanak merupakan bagian dari pendidikan pra sekolah yang pembelajarannya lebih menekankan pada perkembangan anak. Pendidikan pada usia dini merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan, karena pada masa itu terjadi perkembangan yang sangat pesat pada diri anak yang merupakan usia emas (golden age). Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan anak usia dini perlu adanya manajemen kurikulum yang baik. Kurikulum merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan, sekaligus merupakan pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Fokus penelitian ini yaitu manajemen kurikulum di TK Diponegoro 156 Karanglewas Lor, Purwokerto Barat, Banyumas. Adapun latar belakang masalah dari penelitian ini pada dasarnya ingin mengetahui lebih jauh mengenai manajemen kurikulum yang ada mulai dari perencanaan kurikulum sampai evaluasi kurikulum. Sehingga dibuat rumusan dalam penelitian ini yaitu bagaimana manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini di TK Diponegoro 156 Karanglewas Lor, Purwokerto Barat, Banyumas? Dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kurikulum di TK Diponegoro 156 Karanglewas Lor, Purwokerto Barat, Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini di TK Diponegoro 156 Karanglewas Lor, Purwokerto Barat, Banyumas. Pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perolehan data dilakukan dengan menggali sumber data yaitu kepala TK dan guru-guru, juga pengamatan langsung terhadap proses pelaksanaan pembelajaran. Adapun objek penelitian ini adalah manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan dan evaluasi kurikulum. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan manajemen kurikulum di TK Diponegoro 156 Karanglewas Lor meliputi empat proses yaitu perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pelaksanaan kurikulum, serta pengawasan dan evaluasi kurikulum. Pelaksanaan manajemen kurikulumnya merupakan perpaduan antara manajemen profesional dan manajemen kultural. Manajemen profesional ditunjukkan dari pengembangan fungsi-fungsi manajemen. Sedangkan manajemen kultural ditandai dengan beban manajemen utamanya terletak pada Kepala Sekolah ketika proses pengembangan kurikulumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Pendidikan Anak Usia Dini.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 21 Sep 2016 04:11
Last Modified: 21 Sep 2016 04:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1223

Actions (login required)

View Item View Item