REPRESENTASI PESAN DAKWAH DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY (ANALISIS WACANA NORMAN FAIRCLOUGH)

Ridlo Alfi, Isnandar (2021) REPRESENTASI PESAN DAKWAH DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY (ANALISIS WACANA NORMAN FAIRCLOUGH). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka-dikonversi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ridlo Alfi Isnandar_Representasi Pesan Dakwah Dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El-Shirazy (Analisis Wacana Norman Fairclough)-dikonversi.pdf

Download (717kB) | Preview

Abstract

Representasi biasanya dipahami sebagai gambaran sesuatu yang akurat atau realita yang terdistorsi. Representasi tidak hanya berarti “to present”, “to image”, atau “to depict”. Representasi adalah sebuah cara dimana memaknai apa yang diberikan pada benda yang digambarkan. Konsep awal mengenai representasi ini didasarkan pada premis bahwa ada sebuah gap representasi yang menjelaskan perbedaan antara makan yang diberikan oleh representasi dan arti benda yang sebenarnya digambarkan. Hal ini terjadi antara representasi dan benda yang digambarkan. Penelitian ini berjenis literature (Library Research), karena peneliti menelaah buku-buku yang berasal dari literature-literature yang berhubungan dengan judul yang penulis teliti. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis wacana. Pendekatan kualitatif bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya. Pendekatan ini menggunakan data yang diperoleh dari dokumentasi, yang kemudian dianalisis untuk mengetahui hasil penelitian. Pesan dakwah dalam penelitian ini merupakan segala sesuatu yang disampaikan oleh komunikan (Bumi Cinta), yang memiliki dimensi komunikasi informasi yang bisa dilihat langsung, sekaligus di internalisasikan dengan mengandung pengertian, dan mengandung unsur-unsur Dakwah Islamiyah, di dalam novel tersebut juga menyangkut persoalan bagaimana menginformasikan, mengkomunikasikan, dan menginternalisasikan nilai-nilai Islam, sehingga pola fikir dan pola perilaku masyarakat bisa menjadi lebih Islamiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi Pesan Dakwah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.23 Materi Dakwah
800 Literature and rhetoric > 805 Serial publications
800 Literature and rhetoric > 808 Rhetoric and collections of literature
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ridlo alfi isnandar sdr
Date Deposited: 22 Nov 2021 01:40
Last Modified: 22 Nov 2021 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12197

Actions (login required)

View Item View Item