IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA MATA PELAJARAN FIQIH PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MA MA’ARIF NU PONDOK PESANTREN AL BANNA KEDUNG BANTENG PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES

ABDUL, KHAYAT (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA MATA PELAJARAN FIQIH PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MA MA’ARIF NU PONDOK PESANTREN AL BANNA KEDUNG BANTENG PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES. Masters thesis, UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABDUL KHAYAT_1717661001_FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Madrasah Aliyah Ma’arif NU adalah salah satu lembaga pendidikan formal di bawah yayasan pendidikan Pondok Pesantren Al Banna Paguyangan Kabupaten Brebes yang telah membuka kembali aktivitas pembelajarannya di masa pandemi Covid-19 sejak pertengahan bulan Juli 2020 secara tatap muka. Pendidikan pembelajaran di MA Ma’arif NU Pondok Pesantren Al Banna tidak dilakukan secara online karena sebagian besar siswanya adalah anak-anak santri yang menetap di pondok pesantren sehingga tidak mungkin untuk dilakukan pembelajaran secara daring karena peraturan pondok pesantren melarang santrinya untuk membawa handpone, sedangkan sebagian kecil siswa adalah berasal dari wilayah sekitar pondok pesantren yang perjalannya cukup ditempuh dengan jalan kaki. Karena itulah pondok pesantren dan Madrasah Aliyah Ma’arif NU memilih membuka kembali pembelajaran tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pada penelitian ini-menggunakan pendekatan-kualitatif deskriptif dimana data yang-diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi Teknik analisis data menempuh tiga langkah yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan pembelajaran Tatap muka pada mata pelajaran fiqih siswa Kelas Sebelas di MA Ma’arif NU Pondok Pesantren Al Banna Paguyangan Brebes yakni dengan membuat perangkat pembelajaran serta kurikulum yang dibuat khusus untuk pembelajaran darurat covid 19. faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran tatap muka sebagian terletak pada kekurangan waktu pembelajaran. Sedangkan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka yaitu dengan memperhatikan faktor pendukung dan penghambat untuk menjadi bahan evaluasi pada pelaksanaan pembelajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran Tatap Muka
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.12 Shalat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Samsul Arifin sdr
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:32
Last Modified: 03 Nov 2021 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12158

Actions (login required)

View Item View Item