IMPLEMENTASI LAYANAN HOME VISIT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XII IPS SMAN 3 PURWOKERTO

Laeliya Hasanah, Mustofa (2021) IMPLEMENTASI LAYANAN HOME VISIT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XII IPS SMAN 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LAELIYA HASANAH MUSTOFA_IMPLEMENTASI LAYANAN HOME VISIT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XII IPS SMA NEGERI 3 PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi layanan home visit untuk meningkatkan kedisiplinan belajar selama pembelajaran daring di SMA Negeri 3 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling dan siswa kelas XII IPS yang memiliki catatan paling banyak terkait dengan kedisiplinan belajar selama pembelajaran daring yang berjumlah 3 siswa. Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan melalui daring dengan menggunakan beberapa media seperti whattsap, google meet, zoom meeting, google classroom dan lain lain tentu memiliki nilai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari pembelajaran ini adalah pembelajaran daring mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja, namun kekuranganya pembelajaran ini bergantung pada jaringan internet sehingga lokasi dan jaringan internet sangat mempengaruhi dalam proses pembelajaran. Terhambatnya pembelajaran daring dapat pula menurunkan tingkat kedisiplinan belajar siswa hal ini dibuktikan dengan siswa yang terlambat atau bahkan tidak hadir dalam pembelajaran, serta siswa tidak menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Layanan home visit merupakan layanan konseling pendukung yang digunakan untuk membantu mengatasi permasalahan siswa. Layanan ini digunakan untuk mengetahui lebih detail terkait dengan latar belakang siswa dan lingkungan siswa diluar lingkungan sekolah. Data didapatkan melalui metode observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara bahwasanya tahap-tahap dilaksanakanya home visit di SMA Negeri 3 Purwokerto ialah dimulai dengan mengidentifikasi masalah siswa, menganalisis permasalahan serta membuat hipotesis, menyiapkan materi yang akan disampaikan saat kunjungan, mendata informasi yang diperoleh dari keluarga siswa, memantau perkembangan siswa serta mempertimbangkan apakah akan dilakukan home visit kembali, membuat laporan terkait dengan kegiatan home visit. Kata Kunci: Pembelajaran daring, Kedisiplinan b elajar, home visit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Kedisiplinan b elajar, home visit
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 101 Theory of philosophy
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
600 Technology (Applied sciences) > 601 Philosophy and theory
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Laeliya Hasanah Mustofa sdr
Date Deposited: 30 Oct 2021 22:00
Last Modified: 30 Oct 2021 22:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12155

Actions (login required)

View Item View Item