Terapi Relapse Di Institusi Penerimaan Wajib Lapor YPI Nurul Ichsan Al-Islami Purbalingga

Nur, Dani Estri (2021) Terapi Relapse Di Institusi Penerimaan Wajib Lapor YPI Nurul Ichsan Al-Islami Purbalingga. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR DANI ESTRI_TERAPI RELASPE DI INSTITUSI PENERIMAAN WAJIB LAPOR YPI NURUL ICHSAN AL-ISLAMI PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyalahgunaan narkoba beberapa tahun ini menjadi masalah yang serius, sehingga menyebabkan permasalahan narkoba ini menjadi suatu masalah nasional. Mantan penyalahguna narkoba yang mengalami relapse harus diperhatikan, karena jumlah orang yang mengalami relapse bisa jadi menyumbang angka yang besar dalam penyalahgunaan narkoba. Penanganan yang kurang tepat serta adanya faktor internal dan eksternal yang menyebabkan seseorang mengalami relapse. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyabab relapse dan model terapi relapse. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian yang dijadikan sumber informasi yaitu pengasuh dan konselor di Institusi Penerimaan Wajib Lapor YPI Nurul Ichsan Al-Islami Purbalingga. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab relapse terdapat dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari individu sendiri yang tidak bisa mengatasi masalah apabila dihadapkan dengan suatu permasalahan. Faktor eksternal berasal dari lingkungan. Terapi yang digunakan untuk santri yang relapse sama saja dengan santri yang tidak relapse. Terapi yang digunakan yaitu terapi yaitu terapi godog, terapi herbal, terapi mandi malam, terapi psikososial, edukasi relapse terhadap klien, bimbingan vokasional dan therapeutic community.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terapi, Relapse
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.2 Individual Psychology
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nur Dani Estri sdri
Date Deposited: 29 Oct 2021 13:55
Last Modified: 29 Oct 2021 13:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12101

Actions (login required)

View Item View Item