PRAKTEK PENENTUAN MAHAR PADA PERNIKAHAN TAHUN 2019 PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM ISLAM PASAL 30 (Studi Kasus Desa Plana Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas)

Arif, Arif Mu'adzin (2021) PRAKTEK PENENTUAN MAHAR PADA PERNIKAHAN TAHUN 2019 PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM ISLAM PASAL 30 (Studi Kasus Desa Plana Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARIF MU'ADZIN-SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ajaran Islam secara lengkap telah mengatur tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan perkawinan, salah satunya adalah perihal mahar. Mahar adalah pemberian wajib dari seorang pria kepada seorang wanita, baik berbentuk barang, uang, maupun jasa yang tidak bertentangan dengan agama Islam dan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Namun pada kenyataannya, ketika penentuan mahar ada 2 pasangan yang tidak berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak yaitu antara pihak mempelai laki-laki dan pihak mempelai perempuan. Dalam penentuan mahar hanya ditentukan oleh pihak mempelai laki-laki berdasarkan kemampuannya tanpa melibatkan persetujuan dari mempelai perempuannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui praktik penentuan mahar pada pernikahan tahun 2019 di Desa Plana Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas. Serta mengetahui praktik penentuan mahar dalam perspektif kompilasi hukum islam. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), penelitian yang didapat dari sumber primer hasil wawancara dengan subjek penelitian yaitu bapak maslahudin Perangkat Desa yang mengurus mengenai pernikahan dan Tokoh masyarakat. 36 pasangan suami istri yang menikah pada tahun 2019 akan tetapi diambil 4 pasangan yang diambil untuk informan. Sumber data sekunder pada penelitian ini adalah referensi yang memiliki korelasi dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: ada 2 pasangan yang menikah dan penentuan maharnya secara penuh dilakukan oleh mempelai laki-laki dan ada 2 pasangan yang penentuan maharnyan secara keduabelah pihak ini diambil untuk informan. Maka hal ini tidak dipermasalahkan dalam kompilasi hukum islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penentuan Mahar Pernikahan, Perspektif kompilasi Hukum Islam
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat
300 Social sciences > 340 Law > 344 Social, labor, welfare, and related law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Arif Mu'adzin
Date Deposited: 29 Oct 2021 13:18
Last Modified: 29 Oct 2021 13:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12093

Actions (login required)

View Item View Item