PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP ) DI SMP Ya BAKII 1 KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

KURNIA FATIMAH, NIM. 1223302023 (2016) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP ) DI SMP Ya BAKII 1 KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
KURNIA FATIMAH_PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran terdiri dari beberapa komponen. Komponen pembelajaran meliputi tujuan, materi pembelajaran, metode atau strategi pembelajaran dan evaluasi yang satu sama lain saling berinteraksi. Evaluasi merupakan komponen terakhir dalam sistem proses pembelajaran. Di SMP YABAKII 1 Kesugihan terdapat mata pelajaran bahasa Arab pada kelas VII, VIII dan IX. Dan di sekolah tersebut masih menggunakan kurikulum KTSP. kurikulum adalah suatu alat yang amat peting dalam merealiasasikan dan mencapai tujuan pendidikan sekolah. Para siswa merasa menganggap bahwa mata pelajaran bahasa Arab yang sangat sulit untuk dipelajari. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan evaluasi. Evaluasi pembelajaran tersebut dilakukan setelah guru selesai menyampaikan materi per pokok bahasan dan menggunakan prinsip berkesinambungan. Fokus masalah skripsi ini yaitu kepada pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di SMP YABAKII 1 Kesugihan, Adapun rumusan masalah skripsi ini yaitu “Bagaimana Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP YABAKII 1 Kesugihan Kabupaten Cilacap " . Dalam penilaian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. untuk menjamin keabsahan penelitian ini, penulis dalam mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data penulis menggunakan analisis model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi mata pelajaran bahasa Arab di SMP YABAKII 1 Kesugihan sudah bagus atau baik. Evaluasi yang dilaksanakan di sekolah tersebut antara lain tes lisan, tes tertulis, pre test, praktik/perbuatan, evaluasi proyek, evaluasi portofolio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pembelajaran Bahasa Arab, dan Kurikulum KTSP
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 20 Sep 2016 02:25
Last Modified: 20 Sep 2016 02:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item View Item