PENANGANAN PERUBAHAN PERILAKU KORBAN PEMBULLYAN DI SMPN 2 KEDUNGBANTENG

AMARIA, RIZQA FATKHIA (2021) PENANGANAN PERUBAHAN PERILAKU KORBAN PEMBULLYAN DI SMPN 2 KEDUNGBANTENG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
AMARIA RIZQA FATKHIA_PENANGANAN PERUBAHAN PERILAKU PADA KORBAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kejadian bullying remaja di sekolah bukan fenomena yang baru. Perilaku bullying terjadi di SMP Negeri 2 Kedung Banteng terjadi kepada tiga orang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penanganan Perubahan Perilaku pada Korban Pembullyan Di SMP Negeri 2 Kedung Banteng . Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kedung Banteng. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa sekolah yang menjadi korban bullying berinisial A, D dan P. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa bentuk perilaku bullying yang diterima korban di SMP Negeri 2 Kedung Banteng adalah bullying verbal, fisik, sosial dan kelompok. Bullying verbal dilakukan dengan memanggil dengan nama julukan, mengejek, memfitnah, menghasut korban untuk melanggar peraturan sekolah. Bullying fisik dilakukan dengan mengambil paksa barang korban, memukul, memalak, mendorong korban hingga jatuh, menyiram air ke korban, mengotori seragam korban dengan sengaja, dan menyudutkan korban. Bentuk bullying sosial yang dilakukan para pelaku yaitu mengucilkan siswa korban bullying, menghasut teman lain untuk menghindari korban dan mengejek korban di depan umum sehingga korban merasa semakin malu. Bullying kelompok dilakukan oleh pelaku dengan membully korban secara berkelompok. Perubahan perilaku yang ditunjukkan siswa korban bullying pada penelitian ini adalah korban menjadi pemalu, rendah diri, motivasi belajar turun, merasa tidak berharga, menarik diri dari pergaulan, korban takut datang ke sekolah bahkan menolak untuk datang kesekolah, nilai akademik menurun karena sulit berkonsentrasi dalam belajar dan bahkan mempunyai keinginan untuk tidak melanjutkan sekolah karena tidak kuat dalam menghadapi tekanan-tekanan. Bentuk penanganan perubahan perilaku terhadap korban bullying di sekolah adalah guru wali kelas dan guru BK memberikan pemahaman kepada korban bullying bahwa pernah dibully ketika sekolah tidak membuat seorang individu menjadi suram masa depannya. Korban diajarkan rasa optimis bahwa masih memiliki harapan terhadap masa depan mereka dan percaya bahwa individu mampu mengatasi permasalahan yang mereka hadapi di masa lalu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bullying verbal, bullying fisik, bullying sosial, bullying kelompok, perubahan perilaku, korban bullying
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Amaria Rizqa Fatkhia sdri
Date Deposited: 29 Oct 2021 12:49
Last Modified: 29 Oct 2021 12:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12087

Actions (login required)

View Item View Item