ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Pada KSPPS BMT NU Sejahtera Purwokerto)

Siti, Aisyah (2021) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Pada KSPPS BMT NU Sejahtera Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saiffudin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI AISYAH_ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS PADA KSPPS BMT NU SEJAHTERA PURWOKERTO).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengembangan produk merupakan salah satu strategi yang diperlukan oleh Lembaga Keuangan Mikro Syariah agar dapat terus bertahan dan bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. Dengan adanya pengembangan produk diharapkan dapat menciptakan produk unggulan yang dapat memenuhi kebutuhan dan selera pasar sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing yaitu kondisi dimana suatu perusahaan memiliki nilai yang lebih unggul dibandingkan pesaingnya. Untuk mencapai keunggulan bersaing diperlukan analisis strategi yang tepat baik dari segi produk maupun jasa yang ditawarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan produk dalam meningkatkan keunggulan bersaing di KSPPS BMT NU Sejahtera Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang merupakan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah strategi pengembangan produk dalam meningkatkan keunggulan bersaing. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi pengembangan produk pada KSPPS BMT NU Sejahtera Purwokerto dalam meningkatkan keunggulan bersaing yaitu melalui strategi imitasi dan mutasi. Strategi imitasi diterapkan pada produk simpanan wadiah, simpanan mudharabah, dan produk pembiayaan yang diimitasi dari produk perbankan konvensional. Sedangkan untuk menambah variasi produk yang dimiliki agar dapat meningkatkan daya saing, maka BMT ini menerapkan strategi mutasi dengan memodifikasi produk-produk simpanan wadiah menjadi beberapa produk simpanan dengan akad yang sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan Produk, Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Keunggulan Bersaing.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Aisyah
Date Deposited: 29 Oct 2021 07:33
Last Modified: 29 Oct 2021 07:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12055

Actions (login required)

View Item View Item