Mun Tobingah, 102335036 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MI NEGERI PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (491kB) | Preview |
|
Text
Mun Tobingah_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kondisi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah-sekolah pada tingkat dasar (SD/MI) umumnya hanya menggunakan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru (teacher centered) dengan kurangnya variasi dalam pengunaan model pembelajaran makin menjadikan peserta didik menganggap IPS sebagai sesuatu yang sulit dan kurang menyenangkan, padahal yang seharusnya terjadi dalam pendidikan IPS saat ini adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa yang salah satunya menggunakan model cooperative learning Berkenaan dengan permasalahan tersebut, sesuatu yang berbeda dalam pembelajaran IPS dilakukan oleh guru kelas IV MI Negeri Purwokerto. Guru tersebut dalam pembelajaran, khususnya pada mapel IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis rumuskan permasalahan sebagai berikut: “Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran IPS Kelas IV di MI Negeri Purwokerto Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggambarkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS oleh guru kelas IV yang terdiri dari kelas IV Abu Bakar, Umar bin Khatab, Ustman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini, bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dilaksanakan setelah guru menyampaikan materi. Di kelas IV abu Bakar, Ustman, dan Ali dalam pelaksanaannya tidak sesuai dengan langkah-langkah jigsaw, namun di kelas IV Umar dalam pelaksanaannya sudah sesuai dengan langkah-langkah jigsaw. Proses pembelajaran sebagian besar sudah sesuai dengan RPP, peserta didik sebagian besar terlihat aktif, antusias dalam menerima pelajaran dan adanya interaksi sosial yang baik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Pembelajaran IPS, Lembaga MI Negeri Purwokerto.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 01:01 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 01:01 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1205 |
Actions (login required)
View Item |