PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

LIMBAR NOVAZTIAR, NIM. 1123305071 (2016) PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
LIMBAR NOVASTIAR_PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas IV MI Ma’arif NU Kaliwangi, adalah kelas yang sudah menerapkan metode pemecahan masalah (problem solving) pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) pada mata pelajaran matematika di kelas IV MI Ma’arif NU Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah penelitian ini adalah “ Bagaimana penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) pada mata pelajaran matematika di kelas IV MI Ma’arif NU Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2015/2016?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) pada mata pelajaran matematika di kelas IV MI Ma’arif NU Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2015/2016, apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Adapun manfaat yang dapat diambil adalah dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan teori pengajaran, khususnya mengenai penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) untuk meningkatkan mutu pendidikan dan wacana mengenai pembelajaran matematika Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan metode pemecahan masalah (problem solving). Objek dalam penelitian ini adalah metode pemecahan masalah (problem solving) pada penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) dalam pembelajaran matematika kelas IV di MI Ma’arif NU Kaliwangi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, deskripsi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan Penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) yang dilakukan sudah sesuai dengan landasan teori yaitu teori yang telah dikemukakan oleh para ahli dalam buku Mastur Faizi. Langkah metode pemecahan masalah sudah sesuai teori dari hasil penyajian data yang kemudian telah dianalisis. Metode pemecahan masalah (problem solving) digunakan pada mata pelajaran matematika dimana siswa dihadapkan dengan sebuah masalah matematika dalam kehidupan sehari -hari untuk dipecahkan menggunakan pengetahuan matematikanya. Kata Kunci: Metode pemecahan masalah (problem solving), Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 19 Sep 2016 07:38
Last Modified: 19 Sep 2016 07:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item View Item