PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENENTUKAN NILAI TEMPAT PULUHAN DAN SATUAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH TOYAREKA KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Suprianti, 102336012 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENENTUKAN NILAI TEMPAT PULUHAN DAN SATUAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH TOYAREKA KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text
Suprianti_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)

Abstract

Interaksi belajar yang dilakukan oleh siswa sebagai pelajar dengan guru sebagai pengajar dapat menimbulkan masalah-masalah belajar. Dalam pembelajaran Matematika Kompetensi Dasar menentukan Nilai tempat puluhan dan satuan siswa kelas I MI Muhammadiyah Toyareka memiliki berbagai hambatan. Terbukti dari observasi awal, materi tersebut dirasa belum bisa dikuasai oleh sebagian siswa, disebabkan siswa hanya mencoba mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, sementara konsep-konsep dari materi tersebut tidak disampaikan. Oleh karena itu guru perlu menggunakan Media benda konkret sebagai jembatan agar konsep dapat disampaikan kepada siswa sehingga dapat memperjelas materi yang sedang diajarkan tersebut. Sebagai solusinya, maka dilaksanakan pembelajaran Matematika pokok bahasan Menentukan Nilai tempat puluhan dan satuan dengan menggunakan media benda konkret, melalui Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas I MI Muhammadiyah Toyareka Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan penelitian yang subjek penelitiannya adalah siswa kelas I MI Muhammadiyah Toyareka Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siwa dari siklus I ke siklus II. Perolehan hasil tes siklusnya yaitu pada siklus I terdapat 14 siswa tuntas atau 66% ketuntasan belajar siswa, pada siklus II menjadi 18 siswa yang tuntas atau 85% ketuntasan belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan menentukan nilai tempat puluhan dan satuan kelas I MI Muhammadiyah Toyareka Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci : Peningkatan hasil belajar matematika materi pokok menentukan nilai tempat puluhan dan satuan menggunakan Media benda konkret.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 21 Sep 2016 01:01
Last Modified: 21 Sep 2016 01:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1203

Actions (login required)

View Item View Item