STRATEGI IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI MADRASAH ALIYAH AL FALAH JATILAWANG BANYUMAS

Khoerul, Anam (2021) STRATEGI IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI MADRASAH ALIYAH AL FALAH JATILAWANG BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Khoerul Anam_Strategi_Implementasi_Manajemen_Hubungan_Masyarakat_untuk_Meningkatkan_Kepercayaan_dan_Partisipasi_Masyarakat_di_Madrasah_Aliyah_Al_Falah_Jatilawang_Banyumas.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Salah satu manajemen yang dibutuhkan lembaga pendidikan dalam mempromosikan keberadaannya kepada stakeholders adalah manajemen hubungan masyarakat, karena lembaga pendidikan itu berada di tengah masyarakat dan selalu berhubungan menjalin kerjasama pedagogis dan sosiologis sehingga menguntungkan kedua belah pihak. Manajemen Hubungan Masyarakat merupakan upaya yang dilakukan lembaga/organisasi dalam membangun komunikasi efektif dengan masyarakat sehingga dibutuhkan jalinan komunikasi intensif dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Selain itu, hubungan dengan masyarakat akan membantu lembaga dalam mensukseskan program-program yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan lembaga itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus untuk mengukur tingkat kepercayaan dan partisipasi masyarakat, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap subyek penelitian yang terdiri dari stakeholders lingkar inti, pokok, utama dan pendukung MA Al Falah Jatilawang. Hasil pengumpulan data kemudian dianalisis menggunakan langkah reduksi data, penyajian, verifikasi dan penyimpulan. Kepercayaan dan partisipasi masyarakat sebagai indikator efektifitas strategi implementasi manajemen hubungan masyarakat, terbaca pada positioning, peran dan fungsi stakeholders MA Al Falah yang menempatkan masyarakat sebagai salah satu stakeholders di dua tempat sekaligus. Hasilnya jumlah siswa terus bertambah dari tahun ke tahun dan posisi komite madrasah sangat efektif untuk mendukung pencapaian pendidikan yang bermutu. Dengan pendekatan kegiatan pengajian rutin, kajian terstruktur, kerjasama lintas sectoral, sosialisasi dan ajang kompetisi serta publikasi melalui media konvensional maupun elektronik yang sesuai sasaran berdasarkan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan evaluasi program yang baik. Kata Kunci : Manajemen, hubungan masyarakat, kepercayaan, partisipasi, stakeholders, masyarakat. One of the managements needed by educational institutions in promoting their existence to stakeholders is public relations management, because educational institutions are in the midst of society and are always in touch with establishing pedagogical and sociological cooperation so as to benefit both parties. Public Relations Management is an effort made by institutions/organizations in building effective communication with the community so that intensive communication is needed to achieve the set goals. In addition, the relationship with the community will help the institution in the success of the programs that have been planned to achieve the goals of the institution itself. This research on public relations management implementation strategy uses a case study approach to measure the level of trust and community participation, while data collection uses observation, interviews, and documentation techniques on research subjects consisting of core, principal, main and supporting stakeholders of MA Al Falah Jatilawang. The results of data collection were then analyzed using data reduction, presentation, verification and inference steps. Public trust and participation as an indicator of the effectiveness of the implementation strategy of public relations management, is read in the positioning, roles and functions of MA Al Falah stakeholders who place the community as one of the stakeholders in two places at once. As a result, the number of students continues to grow from year to year and the madrasa committee position is very effective in supporting the achievement of quality education. With the approach of routine recitation activities, structured studies, cross-sectoral collaboration, socialization and competitions as well as publications through conventional and electronic media that are on target based on good program planning, organizing, mobilizing and evaluatin

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Management, public relations, trust, participation, stakeholders, community.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
700 The arts > 706 Organizations and management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Khoerul n Anam sdr
Date Deposited: 28 Oct 2021 22:27
Last Modified: 28 Oct 2021 22:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11968

Actions (login required)

View Item View Item