ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN MADRASAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MI MA’ARIF NU 1 SUDIMARA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2021

Faizatul, Banat (2021) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN MADRASAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MI MA’ARIF NU 1 SUDIMARA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2021. Skripsi thesis, UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Faizatul Banat_Analisis Butir Soal Ujian Madrasah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia MI Ma'arif NU 1 Sudimara Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun 2021.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Indonesia memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dari pada mata pelajaran yang lain baik dalam pengerjaan ujian oleh peserta didik dan penyusunan butir soal serta analisis butir soal tersebut yang dilakukan oleh pendidik, sehingga tidak ada peserta didik yang mendapat nilai sempurna. Butir soal mata pelajaran Bahasa Indonesia Ujian Madrasah MI Ma’arif NU 1 Sudimara Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun 2021 belum diketahui pasti kualitasnya, karena belum dianalisis secara menyeluruh oleh pendidik. Analisis yang dilakukan pendidik hanya berdasarkan hal umum dan sekilas karena pendidik merasa kesulitan dan pendidik juga memiliki kesibukan tanggung jawab administrasi lain, sehingga informasi mengenai kualitas dan kelayakan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia Ujian Madrasah Tahun 2021 belum diketahui secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kualitas butir soal Ujian Madrasah mata pelajaran Bahasa Indonesia MI Ma’arif NU I Sudimara Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun 2021 yang ditinjau dari 5 aspek, yaitu aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder, kemudian dianalisis menggunakan software aplikasi Anates yang dibantu dengan perhitungan manual Microsoft Excell. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa butir soal Ujian Madrasah mata pelajaran Bahasa Indonesia MI Ma’arif NU I Sudimara Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun 2021 baik soal bentuk pilihan ganda maupun uraian yang ditinjau dari 5 aspek, yaitu aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Adapun pada soal bentuk pilihan ganda memiliki aspek validitas yang baik dengan tingkat validitas 64%, kemudian untuk aspek reliabilitas memiliki koefisien 0,65 dengan kategori cukup, kemudian untuk aspek tingkat kesukaran 68% kategori sedang dan 32% kategori mudah, kemudian untuk aspek daya pembeda 20% jelek, 44% cukup, dan 36% baik, sedangkan untuk aspek efektivitas pengecoh berdasarkan pola sebaran jawaban yakni 64% kategori buruk, dengan rincian kategori buruk 16%, kategori kurang baik 20%, kategori baik 28%, kategori sangat baik 36%. Adapun pada soal bentuk uraian memiliki hasil analisa pada aspek validitas kategori sempurna yaitu 100%, kemudian untuk aspek reliabilitas 0,77 dengan kategori tinggi, kemudian untuk aspek tingkat kesukaran 30% kategori sedang dan 70% kategori mudah, sedangkan untuk aspek daya pembeda memiliki kategori 100% cukup. Kata Kunci : Analisis Butir Soal, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Ujian Madrasah MI Ma’arif NU 1 Sudimara Tahun 2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Ujian Madrasah MI Ma’arif NU 1 Sudimara Tahun 2021.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Faizatul Banat
Date Deposited: 28 Oct 2021 22:14
Last Modified: 28 Oct 2021 22:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11949

Actions (login required)

View Item View Item