MANAJEMEN PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ QUR'AN DI MI NURUL HUDA KARANGKANDRI CILACAP

ROUNAQUN, NA'MA (2021) MANAJEMEN PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ QUR'AN DI MI NURUL HUDA KARANGKANDRI CILACAP. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ROUNAQUN NA'MA_MANAJEMEN PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ QUR'AN DI MI NURUL HUDA KARANGKANDRI CILACAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

MI Nurul Huda Karangkandri merupakan Lembaga Pendidikan setingkat sekolah dasar berlandaskan pada keislaman yang ada di desa Karangkandri dibawah naungan Kementerian Agama yang menerapkan program unggulan tahfidz Qur’an, meskipun pada tahun ini baru pada tahap tahfidz juz 30 (juz ‘Amma). Dalam pelaksanaannya diterapkan tata kelola atau manajemen untuk menunjang pelaksanaan program agar sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang bagaimana manajemen program unggulan tahfidz Qur’an di MI Nurul Huda Karangkandri Cilacap Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian berupa: observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh dengan wawancara secara langsung kepada subjek informan yaitu: kepala madrasah, guru tahfidz dan siswa (sampel kelas empat, lima dan enam). Hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data bahwa manajemen program unggulan tahfidz Qur’an MI Nurul Huda pada tahap perencanaannya yaitu (menentukan tujuan program tahfidz, materi-materi dalam program tahfidz yang didalamnya terdapat (menentukan kriteria ketuntasan minimal (KKM), menentapkan atau membuat jadwal pelajaran, membuat rencana pelaksana pembelajaran (RPP), menentukan target yang harus dicapai dalam program tahfidz, dan membuat kartu atau buku setoran siswa yang digunakan untuk menandai sampai mana hafalan siswa dan untuk mengetahui kemampuan anak dalam menghafal), menentukan pendidik (guru tahfidz). Pada tahap pelaksanaan program tahfidz yaitu Materi program tahfidz, metode dan media pembelajaran, serta kegiatan pembelajaran program tahfidz. Pada tahap evaluasi program tahfidz ada dua evaluasi proses dan evaluasi hasil. Evaluasi proses yaitu mengadakan rapat rutin seperti rapat awal tahun untuk mengetahui apakah proses pelaksanaan program tahfidz Qur’an berjalan dengan lancar serta mengevaluasi kendala yang ada dalam program tahfidz, sehingga dapat diperbaiki pada program tahfidz tahun ajaran selanjutnya dan evaluasi hasil yaitu tes lisan dan tertulis yang dilakukan pada penilaian harian, Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Manajemen Program dan Tahfidz Al-Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.08 Sejarah dan deskripsi Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.04 TOpik Khusus
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rounaqun Na'ma sdri
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:30
Last Modified: 28 Oct 2021 07:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11932

Actions (login required)

View Item View Item