METODE PEMBELAJARAN FIQH DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Wiwit Adi S, 092338102 (2014) METODE PEMBELAJARAN FIQH DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
Wiwit Adi Saputro_METODE PEMBELAJARAN FIQIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran di sekolah, guru memiliki peranan penting dalam pencapaian tujuan pendidikan. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, maka seorang guru harus dapat menentukan metode yang cocok dan tidak membosankan untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar sehingga dengan adanya metode yang menarik, diharapkan peserta didik akan lebih giat dan bersemangat dalam proses belajarnya sehingga bisa tercapai sesuai dengan target dari tujuan pembelajaran. Metode pengajaran merupakan suatu alat yang membantu suksesnya proses belajar mengajar. Akan tetapi kita harus mengetahui bahwa sebaik apapun metode pembelajaran yang digunakan tidak akan berhasil apabila tanpa didukung dengan tenaga kependidikan yang kompeten. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai penggunaan variasi metode pembelajaran fiqh serta untuk mendeskripsikan secara detail tentang penggunaan metode yang digunakan oleh guru mata pelajaran fiqh dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan metode wawancara dengan guru mata pelajaran fiqh, observasi proses pembelajaran, dan dokumentasi di MI Muhammadiyah Ajibarang. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran fiqh yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode diskusi, dan metode tanya jawab. Dimana penggunaan metode – metode tersebut disesuaikan dengan materi pelajaran dan tujuan pembelajaran mata pelajaran fiqh yang akan diajarkan kepada peserta didik di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Mata Pelajaran Fiqh, MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 21 Sep 2016 01:00
Last Modified: 21 Sep 2016 01:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1193

Actions (login required)

View Item View Item