Alfinah, alfinah (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
alfinah_analisis kesulitan belajar matematika siswa pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 1 baturraden kabupaten banyumas.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan bidang ilmu yang dipelajari oleh semua jenjang pendidikan. Namun, banyak siswa merasa matematika menjadi pelajaran yang sulit, sehingga siswa merasa mengalami kesulitan belajar matematika. Kesulitan belajar matematika siswa diantaranya bingung saat membedakan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, siswa masih belum mampu menyimpulkan informasi dari konsep yang diberikan serta ada beberapa siswa yang tidak mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru. Selain itu, siswa jika mengalami kesulitan saat menyelesaikan soal yang berbeda dengan contoh yang diberikan walaupun konsep soal tersebut sama. Hal ini juga terjadi pada siswa SMP Negeri Baturraden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa SMPN 01 Baturraden kelas VIII serta faktor-faktor penyebabnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan langkah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa kelas VIII SMPN 1 Baturraden adalah 1) Ketidakmampuan untuk mengingat nama-nama secara teknis, 2) ketidakmampuan untuk menyatakan arti dari istilah yang mewakili konsep tertentu, 3) ketidakmampuan untuk mengingat satu kondisi atau lebih yang diperlukan, 4) ketidakmampuan mengingat syarat cukup untuk memberikan istilah bagi suatu objek tertentu, 5) ketidakmampuan memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep tertentu, dan 6) ketidakmampuan menyimpulkan informasi dari suatu konsep yang diberikan. Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VIII SMPN 1 Baturraden mengalami kesulitan belajar diantaranya: faktor dasar umum (faktor intelektual) dan faktor dasar khusus (kesulitan memahami dan menyelesaikan soal dalam bentuk cerita dan kesulitan memahami konsep). Kata-kata Kunci:
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan belajar, faktor penyebab, matematika |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Alfinah Alfinah sdri |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 08:03 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 08:03 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11925 |
Actions (login required)
View Item |