HABITUASI RELIGIUS SISWA PADA PROGRAM UNGGULAN KEAGAMAAN “SPENSA ACIC” (SMPN SATU ACADEMY CENTRE OF ISLAMIC CIVILIZATION) DI SMP N 1 KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

SAEFIYANI, SAEFIYANI (2021) HABITUASI RELIGIUS SISWA PADA PROGRAM UNGGULAN KEAGAMAAN “SPENSA ACIC” (SMPN SATU ACADEMY CENTRE OF ISLAMIC CIVILIZATION) DI SMP N 1 KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SAEFIYANI_HABITUASI RELIGIUS SISWA PADA PROGRAM UNGGULAN KEAGAMAAN “SPENSA ACIC” (SMPN SATU ACADEMY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan berita media Kompas edaran 20 januari 2020, tantangan yang dihadapi adalah era globalisasi yang mempunyai pengaruh besar bagi seluruh aspek kehidupan manusia. Salah satu yang terdampak era globalisasi ini adalah dunia pendidikan. Dalam hal ini siswa akan terancam kesehatan fisik dan jiwanya. Tidak sedikit peserta didik terbawa arus perkembangan era globalisasi ini. Penelitian Ini mendeskripsikan dan menganalisis tentang habituasi religus siswa terhadap program unggulan SPENSA ACIC (Academi Centre of Islamic Civilization) di SMP Negeri 1 Kembaran Kabupaten Banyumas dengan fokus penelitian bagaimana proses habituasi religius siswa terhadap program unggulan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ialah: Habituasi religius siswa terhadap program unggulan SPENSA ACIC di SMPN 1 Kembaran telah dilaksanakan sedari awal sekolah berjalan dimana semua hal tersebut berawal daripada perencanaan. Pada penelitian habituasi religius terhadap program unggulan SPENSA ACIC di SMP Negeri 1 Kembaran, dalam proses pelaksanaan program terbagi dalam dua waktu, yaitu saat daring dan luring. Tujuan utama habituasi religius secara daring agar siswa lebih disiplin dengan dengan waktu shalat wajib, sedangkan untuk luring siswa membiasakan pembiasaan religius sebagai hal yang kontinyu untuk dilaksanakan. Hal tersebut berkaitan dengan usaha membangun budaya religius yang harus disertai penanaman nilai religius yang terejawentahkan dalam Indikator habituasi religus. Indikator tersebut mengacu pada nilai Illahiyah dan nilai Insaniyah. Sehingga habituasi religus terhadap program unggulan di SMP Negeri 1 Kembaran adalah: Salam, saling menghormati dan toleran, shalat dhuha, tadarus Al-Qur’an, dan do’a bersama. Indikator inilah yang menjadi poin utama untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam proses habituasi karakter religius siswa di SMPN 1 Kembaran. Adapun Nilai Ilahiyah dan Insaniyah lainnya terdapat pada program atau kegiatan yang ada di SMPN 1 Kembaran. Kata kunci: Habituasi, Religius Siswa, Program Unggulan, SPENSA ACIC

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Habituasi, Religius Siswa, Program Unggulan, SPENSA ACIC
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x0 Islam (Umum) > 2x0.5 Islam dan Ilmu Murni
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3305 Disiplin Sekolah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saefiyani Saefiyani sdri
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:16
Last Modified: 28 Oct 2021 07:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11922

Actions (login required)

View Item View Item