SISTEM REWORK DAN REJECT PADA JUAL BELI SALAM KERANGKA FALSE EYELASHES PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DI DESA KEBONDALEM KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA)

Irma, Agustin (2021) SISTEM REWORK DAN REJECT PADA JUAL BELI SALAM KERANGKA FALSE EYELASHES PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DI DESA KEBONDALEM KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
IRMA AGUSTIN_SISTEM REWORK DAN REJECT PADA JUA BELI SALAM KERANGKA FALSE EYELASHES PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SISTEM REWORK DAN REJECT PADA JUAL BELI SALAM KERANGKA FALSE EYELASHES PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Desa Kebondalem, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara) ABSTRAK Irma Agustin NIM. 1617301120 Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Jual beli yang menggunakan pemesanan terlebih dahulu dalam fikih Islam disebut dengan bay’ as-salam. yaitu suatu akad jual beli barang dengan menyebutkan sifat, kriteria, jenis, ciri-ciri yang jelas, dengan membayar harga/modal terlebih dulu, sedangkan barangnya diserahkan kemudian hari sesuai waktu yang disepakati. Akad jual beli salam harus memenuhi syarat dan rukun yang sudah ditetapkan dalam islam. Hal ini pun diatur dalam ketentuan fatwa DSN MUI Nomor 05/DSN MUI/2000. Di Desa Kebondalem, Kabupaten Banjarnegara, dalam jual beli pesanan tersebut mensyaratkan adanya sistem rework dan reject, yaitu suatu penerusan atau pembatalan akad jual beli yang sudah dibuat karena adanya cacat pada barang pesanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang menggali data dari lapangan dengan mewawancarai narasumber. Data primer diperoleh dari wawancara sedangkan data sekunder diambil dari artikel dan buku yang berkaitan dengan sistem rework dan reject pada jual beli salam. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah normatif-sosiologis, sedangkan metode analisis datanya menggunakan metode deduktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem rework dan reject pada jual beli salam di Desa Kebondalem, Kabupaten Banjarnegara boleh dan sah, karena berdasarkan hukum islam, hukum asal suatu barang yang terdapat cacat dan dapat mengurangi harga barang tersebut adalah boleh dikembalikan sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan dalam islam. Cacatnya suatu barang pada saat belum serah terima, pembeli boleh untuk membatalkan atau meneruskan akad jual beli sesuai dengan kesepakatan pada awal akad. Kata Kunci: Salam, hukum islam, rework dan reject.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Salam, hukum islam, rework dan reject
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Irma Agustin
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:50
Last Modified: 29 Oct 2021 02:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11912

Actions (login required)

View Item View Item