PEMANFAATAN MEDIA TIKTOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH OLEH IKHWAN MUKHLIS

Dinda, Rizky Hayati (2021) PEMANFAATAN MEDIA TIKTOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH OLEH IKHWAN MUKHLIS. Skripsi thesis, UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DINDA RIZKY HAYATI_1717102009.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dengan adanya kemajuan teknologi dan juga informasi, menciptakan aktivitas dakwah melalui media online, seperti media sosial. Berbagai macam jenis aplikasi dalam media sosial yang dimanfaatkan oleh pendakwah, salah satunya adalah aplikasi Tiktok. Ikhwan Mukhlis memanfaatkan Tiktok untuk membuat inovasi baru dalam berdakwah dengan nilai dakwah yang disampaikan secara sederhana, namun menarik. Kemasan konten dakwahnya yang dibuat pun menyesuaikan trend yang sedang viral. Gaya berdakwahnya sangat mudah diterima khalayak, karna tutur katanya yang sopan serta penyampaiannya yang halus dan lembut. Berbagai konten video dakwah dibuat untuk mengajak kebaikan dengan cara millenialnya menjadi daya tarik pengguna TikTok yang mayoritas adalah kalangan muda atau remaja yang sedang membutuhkan dakwah islam atau penanaman moral secara islami dan modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan Ikhwan Mukhlis memilih TikTok sebagai media dakwah serta proses pembuatan konten dan penentuan tema dakwah yang akan disampaikan, dengan menggunakan analisis isi kualitatif dan model Miles dan Huberman. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini, alasan Ikhwan Mukhlis menggunakan media Tiktok sebagai media dakwahnya karena menurutnya lebih mudah sampai kepada target yang dituju dan diterima di kalangan remaja. Mengingat bahwa aplikasi Tiktok menjadi salah satu aplikasi favorite dan booming pada saat ini. Kegiatan dakwah di Tiktok yang dilakukan olehnya karena keresahannya terhadap hal-hal menyimpang yang terjadi di lingkungan sosialnya yang menjadi suatu kewajaran oleh generasi milenial. Selain itu Ikhwan Mukhlis juga termotivasi dari salah satu temannya yang bernama Husein Basyaban yang menjadi pendakwah terkenal di dunia Tiktok. Proses pembuatan konten Tiktok oleh Ikhwan Mukhlis pada dasarnya sama dengan proses produksi biasanya, yaitu : (1) Menyiapkan peralatan yang akan digunakan. Disini peralatan yang disiapkan oleh Ikhwan Mukhlis adalah kamera handphone dan pencahayaan; (2) Menentukan materi. Ikhwan Mukhlis juga mencantumkan sumber seperti ayat maupun hadis pada materinya; (3) Menyiapkan dan peringkasan materi; (4) produksi pembuatan video. Ikhwan Mukhlis melakukan shotting lebih sering di dalam kamar dengan pencahayaan tambahan; (5) Penyuntingan atau editing video. Dari hasil penelitian, Ikhwan melakukan penyuntingan atau edit video menggunakan aplikasi di handphone bernama Capcut, namun terkadang ia juga langsung merocord dan mengedit videonya dari aplikasi Tiktoknya; (6) Publikasi. Setelah selesai proses penyuntingan, video diupload dengan caption yang mendukung dan sesuai dengan konten atau materi dakwahnya. Penentuan materi atau tema dakwah yang akan dibawa oleh Ikhwan Mukhlis berdasarkan fenomena yang sedang terjadi atau viral, selain itu juga yang menurutnya suatu fenomena yang sekiranya perlu pembenaran, terutama hal-hal yang sudah melenceng jauh dari hukum islam yang menjadi suatu kewajaran di masa sekarang dengan bersumber kepada kitab yang digunakan sebagai referensi pembuatan materi, seperti kitab Tadzkirotus sami’wal mutakallim, fiqh sulaiman ar-rasyid, Bulughul Mahram Ibnu Hajar, dan Aqidatul Awwam serta referensi tokohnya adalah Al-Habib Ahmed Bafagih. Kata Kunci : Dakwah, Media Sosial, Aplikasi Tiktok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Media Sosial, Aplikasi Tiktok
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: DINDA RIZKY HAYATI sdri
Date Deposited: 28 Oct 2021 06:40
Last Modified: 28 Oct 2021 06:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11907

Actions (login required)

View Item View Item