PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEDUNGBANTENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Fien Nuzulil, Hafifah (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEDUNGBANTENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIEN NUZULIL HAFIFAH_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEDUNGBANTENG TAHUN PELAJARAN 2019-2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep adalah aspek penting pembelajaran, dan pemahaman matematis merupakan landasan berpikir dalam menyelesaikan persoalan matematis di kehidupan nyata. Hasil PISA 2015 mengungkapkan bahwa kemampuan matematis siswa Indonesia masih di bawah rata-rata OECD dikarenakan siswa lebih banyak mendengar, menulis dan menghafal rumus tanpa memahami konsep dasar suatu materi. Hal ini serupa dengan rendahnya pemahaman matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungbanteng. Pembelajaran Discovery Learning merupakan model belajar yang mampu mengembangkan keaktifan dan menantang siswa dalam membangun pengetahuan sehingga pemahaman matematispun akan meningkat. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungbanteng merupkan populasi data dengan sampel kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Instrumen kemampuan pemahaman matematis siswa berupa soal easy. Materi yang digunakan adalah teorema pythagoras. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain Nilai pretest dan posttest kelas kontrol terhadap materi teorema pythagoras menunjukkan peningkatan yang rendah dengan nilai N-gain sebesar 0,4221. Nilai pretest dan posttest pada kelas perlakuan menunjukkan peningkatan yang tinggi dengan nilai N-gain sebesar 0,7052. Nilai N-gain yang tinggi menunjukkan perlakuan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Discovery Learning, Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kedungbanteng

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis, Discovery Learning, Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kedungbanteng
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Fien Nuzulil Hafifah sdri
Date Deposited: 28 Oct 2021 21:52
Last Modified: 28 Oct 2021 21:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11874

Actions (login required)

View Item View Item