IMPLEMENTASI METODE MIMICARY MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT KELAS VIII DI PONDOK PESANTREN DAARUL FALAAH MERDEN BANJARNEGARA

Riang, Setia Mahera Putri (2020) IMPLEMENTASI METODE MIMICARY MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT KELAS VIII DI PONDOK PESANTREN DAARUL FALAAH MERDEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RIANG SETIA MAHERA PUTRI 1617403079....pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahasa memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Melalui bahasa manusia dapat berinteraksi dengan sesama. Bahasa tidak terlepas dari peran mufradat atau yang sering disebut dengan (kosa kata) menjadi modal utama untuk mencapai ketrampilan dalam berbahasa Arab. Salah satu cara mengajarkan mufradat yaitu melalui metode Mimicry Memorization. Metode Mimicry Memorization adalah suatu metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, dengan cara guru mengucapkan suatu mufradat kemudian peserta didik melafalkan, menirukan dan menghafalkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan mendeskripsikan tentang implementasi metode Mimicry Memorization dalam pembelajaran mufradat kelas VIII di Pondok Pesantren Daarul Falaah Merden Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah implementasi metode Mimicry Memorization dalam pembelajaran mufradat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan (conclusion). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode Mimicry Memorization dalam pembelajaran mufradat kelas VIII di Pondok Pesantren Daarul Falaah Merden Banjarnegara melalui proses pelafalan, meniru, dan proses menghafal. Implementasi dengan cara tersebut dapat memberikan dampak positif dalam pembelajaran mufradat yakni peserta didik mampu menghafalkan dan memperbanyak perbendaharaan mufradat sehingga terbiasa membuat pola kalimat bahasa Arab dan membangkitkan semangat peserta didik dalam menghafalkan mufradat. Selain itu, dapat memudahkan guru dalam mengajarkan mufradat kepada peserta didik, serta mampu mengembangkan kreatifitas penggunaan media pembelajaran sesuai dengan situasi dan kondisi kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mufradat, Mimicry-Memorization, Daarul Falaah Banjarnegara
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ISNAENI PUTRANTI sdri
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:39
Last Modified: 27 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11843

Actions (login required)

View Item View Item