NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA KISAH NABI DAWUD AS. (ANALISIS KITAB AL-IBRĪZ JUZ 23 QS. SHOD AYAT 17-26)

Rossy, Anggi Rachmayanti (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA KISAH NABI DAWUD AS. (ANALISIS KITAB AL-IBRĪZ JUZ 23 QS. SHOD AYAT 17-26). Skripsi thesis, UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rossy Anggi Rachmayanti_Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak pada Kisah Nabi Dawud as. (Analisis Kitab Al-Ibriz Juz 23 QS. Shod ayat 17-26).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan akhlak yang masih kurang efektif pada era digital saat ini, di samping itu pada Kitab Al-Ibrīz disebutkan terkait kisah Nabi Dawud AS. yang dapat menginspirasi untuk diambil ibrah nya oleh pengkaji kitab tersebut. Adapun tujuan penulisan skripsi ini ialah mengetahui dan menganalisis bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak pada kisah Nabi Dawud AS. menurut Kitab Al-Ibrīz juz 23 QS. Shod ayat 17-26. Metode penelitian yang digunakan pada penulisan skripsi ini ialah penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan melakukan kategorisasi, kemudian diuraikan secara deskriptif-analisis. Data diperoleh dari kisah Nabi Dawud AS. dan penafsiran ayat yang ada pada kitab Al-Ibrīz. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai-nilai akhlak menurut kitab Al-Ibrīz pada kisah Nabi Dawud AS. berupa akhlak terhadap Allah SWT dalam ketaatan beribadah; akhlak terhadap sesama makhluk berupa berbuat baik, menyayangi sesama dan saling menjaga; akhlak terhadap diri sendiri berupa jujur, berani, adil, sabar, taat, bijaksana dan ‘amar ma’ruf nahi munkar; di samping akhlak terpuji, pada kisah Nabi Dawud juga diceritakan akhlak yang tidak baik atau tercela yang berupa sikap tamak atau serakah serta mengikuti hawa nafsu. Nilai-nilai tersebut sangat diperlukan dalam pembentukan karakter/akhlak pada pribadi peserta didik, guna menjadi insan yang lebih baik dalam dunia keluarga, kependidikan dan kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai akhlak, kisah Nabi Dawud, kitab Al-Ibrīz.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rossy Anggi Rachmayanti sdri
Date Deposited: 27 Oct 2021 08:25
Last Modified: 27 Oct 2021 08:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11836

Actions (login required)

View Item View Item