Manajemen Kurikulum Madrasah Salafiyah Diniyah A-Ittihaad Pasir Kidul Purwokerto Barat Banyumas

Safira, Firdani (2021) Manajemen Kurikulum Madrasah Salafiyah Diniyah A-Ittihaad Pasir Kidul Purwokerto Barat Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SAFIRA FIRDANI_Manajemen Kurikulum Madrasah Salafiyah Diniyah Al-Ittihaad Pasir Kidul Purwokerto Barat Banyumas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang dilakukan penulis membahas tentang Manajemen Kurikulum Madrasah Salafiyah Diniyah Al-Ittihaad. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum Madrasah Salafiyah Diniyah Al-ittihaad Pasir Kidul Purwokerto Barat Banyumas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek dan menghasilkan data secara deskriptif berupa dokumen tertulis maupun lisan yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknis analisis dan keabsahan data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi. Subjek atau sumber data penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Guru dan Ketua Yayasan Al-Ittihaad. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kurikulum Madrasah Salafiyah Diniyah Al-Ittihaad sebagai berikut: pada tahap perencanaan kurikulum sudah terlaksana dengan baik, proses perencanaan yang dilakukan baik dalam pengembangan materi, strategi dan evaluasi menggunakan pendekatan grass roots approach dan madrasah selalu mengadakan rapat internal setiap awal tahun guna mematangkan perencanaan kurikulum. Pada tahap pengorganisasian kurikulum sudah dilakukan dengan baik dan sistematis. Kegiatan pengorganisasian yang dilakukan adalah penyusunan SK Mengajar, penentuan jadwal, penyusunan bahan pelajaran, penyusunan kalender pendidikan dan menyusun struktur kurikulum. Pada tahap pelaksanaan kurikulum ini dibagi menjadi dua tingkatan, yaitu pelaksanaan kurikulum tingkat madrasah yang berperan adalah kepala madrasah dan pelaksanaan kurikulum tingkat kelas yang berperan adalah guru. Pada tahap evaluasi kurikulum yang dilaksanakan sudah berjalan dengan baik. Model evaluasi yang dilakukan untuk mengukur keberhasilan santri dalam proses belajar adalah Maesurement yakni objek evaluasi dititikberatkan pada hasil belajar terutama dalam aspek kognitif dan khususnya yang dapat diukur dengan alat evaluasi yang objektif. Kata Kunci : Manajemen, Kurikulum, Madrasah Diniyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulum, Madrasah Diniyah
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Safira Firdani Sdri
Date Deposited: 26 Oct 2021 23:58
Last Modified: 26 Oct 2021 23:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11818

Actions (login required)

View Item View Item