NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER PANAHAN DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO

MUHAMAD SYAEFUDIN, MUGHNI (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER PANAHAN DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhamad Syaefudin Mughni_Nilai-nilai pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler Panahan di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam rangka untuk mengantisipasi adanya perubahan global dan tuntutan kemajuan teknologi, khususnya teknologi informasi yang semakin canggih, perlu diarahkan pada pendidikan yang transparan, berkeadilan dan demokratis. inisangat berpengaruh kepatuhan anak didik kepada guru karena banyaknya masalah anak didik yang belum memiliki nilai-nilai karakteryang baik seperti tidak disiplin, tidak jujur dan kasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengambilpembelajaran nilai-nilai karakter yang terdapat dalam Ekstrakurikuler panahan, karena di dalamnya terdapat pendidikan karakter yang tidak hanya pada tataran kognitif saja, tetapi menyentuh pada internalisasi dan pengalaman nyata dalam kehidupan peserta didik sehari-hari di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil latar di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan lalu kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian nilai-nilai pendidikan karakter dalam Ekstrakurikuler panahan di SMP Al IrsyadAl Islamiyyah Purwokerto ini menjadi solusi atau setrategi sekolah dalam membentuk peserta didik yang berkarakter untuk mencapai tujuan dari visi dan misi sekolah membentuk peserta didiknya menjadi pribadi yang berkarakter, berwawasan global dan meluluskan peserta didik yang berakhlakul karimah. Karakter yang di tanamakan PertamaOlah pikir yaitu di dalamnya cerdas, fokus dan ingin tahu dan tenang dalam satu kegiatan yang dilakukan peserta didik. KeduaOlah hati yaitu beriman, jujur dan bertanggung jawab, berani mengambil resiko dan percaya diri, pantang menyerah dan berusaha untuk memperbaiki diri kemudian tenang dan sabar. KetigaOlah raga yaitu sehat, disiplin dan kompetetif. KeempatOlah rasa atau karsa yaitu saling menghargai, rendah hati, tidak sombong, peduli, kerja keras dan ramah. Faktor pendukung diuraikan menjadi 2 (dua), faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi tenaga pendidik dan pelatih yang kompeten, sarana dan prasarana yang memadai dan lingkungan pendidikan yang edukatif dan islami. Sementara faktor eksternalnya adalah letak lapangan yang strategis, alat-alatnya komplit, dekat dengan tempat ibadah, hubungan wali murid dengan sekolah baik dan selalu mendukung. Sementara faktor yang menghambat kurangnya asisten pelatih yang cukup menguasai teknik memanah, alat-alatnya masih sedikit, dan strategi dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter yang belum sepenuhnya dipahami oleh wali murid. Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler Panahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai pendidikan karakter dalam panahan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Syaefudin Mughni sdr
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:40
Last Modified: 26 Oct 2021 07:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11797

Actions (login required)

View Item View Item