Manajemen Koperasi Unit Desa Dalam Upaya Meningkatkan Kesejaheraan Masyarakat di Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas (Studi Kasus di KUD "ARIS" Banyumas)

Rosiana, Rosiana (2021) Manajemen Koperasi Unit Desa Dalam Upaya Meningkatkan Kesejaheraan Masyarakat di Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas (Studi Kasus di KUD "ARIS" Banyumas). Skripsi thesis, UIN PROF.K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL ROSIANA 1717201128.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

KUD “ARIS” Banyumas merupakan salah satu koperasi primer yang berada di Kecamatan Banyumas yang dapat dikatakan maju. Kemajuan koperasi saat ini dapat dilihat dari perkembangan Sisa Hasil Usaha di setiap tahun terus meningkat. Peningkatan Sisa Hasil Usaha dikarenakan adanya manajemen yang baik dari koperasi tersebut. Sehingga diharapkan dengan adanya perkembangan KUD “ARIS” Banyumas dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terbukti dengan hanya ada satu desa yang masuk dalam data rekapitulasi desa dengan tingkat kesejahteraan rendah di 14 kabupaten proritas di Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Pelaksanaan manajemen KUD “ARIS” Banyumas dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sudah tergolong baik dibuktikan dengan adanya penerapan manajemen koperasi yang baik. Manajemen koperasi terdiri dari Rapat Aggota, Pengurus, dan Pengawas. Adapun proses manajemen yang sudah sesuai yang diterapkan oleh KUD “ARIS” Banyumas, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pengaruh dari adanya manaejemen KUD “ARIS” Banyumas yang baik, masyarakat mengalami peningkatan kesejahteraan dibuktikan dengan sudah terpenuhinya indikator-indikator keluarga sejahtera berdasarkan ukuran kesejahteraan masyarakat menurut Badan Koordinasi Keluarga Berencan Nasional (BKKBN).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Koperasi, Koperasi Unit Desa, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
500 Natural sciences and mathematics > 506 Organizations and management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rosiana Rosiana
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:30
Last Modified: 26 Oct 2021 07:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11789

Actions (login required)

View Item View Item