DEFI, TRI WIJAYANTI (2021) ANALISIS KOMPETENSI GURU PAUD DI RA DIPONEGORO 14 SIDABOWA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (849kB) | Preview |
|
|
Text
Defi Tri Wijayanti_Analisis Kompetensi Guru PAUD di RA Diponegoro 14 Sidabowa.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dalam lembaga pendidikan, Guru adalah peran utama dalam pembangunan pendidikan. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang baik dan berkualitas. Dalam peranya sebagai guru harus mempunyai kompetensi, diantaranya ada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kompetensi pedagogik adalah Kemampuan dalam pengelolaan peserta didik yang meliputi wawasan guru terhadap landasan pendidikan, memahami keberagaman peserta didik, mampu dalam mengembangkan strategi pembelajaran berdasarkan standar kompetensi. Kompetensi profesional merupakan suatu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan kewajibanya didalam pekerjaannya maupun diluar pekerjaannya. Seorang guru akan disebut sebagai guru profesional jika ia mampu menguasai keahlian dan keterampilan teoritik dan praktik dalam proses pembelajran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru di RA Diponegoro 14 Sidabowa. Untuk memperoleh data tersebut, peneliti menggnakan metode wawancara, observasi terhadap kegiatan guru di Sekolah, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru PAUD di RA Diponegoro 14 Sidabowa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian Analisis Kompetensi Pedagogik di RA Diponegoro 14 Sidabowa yaitu guru sudah sesuai dengan standar kompetesi. Yaitu sebagaiamana guru sudah 1. Menguasai materi yang akan diajarkan kepada anak didik, 2. Menguasai metode-metode pembelajaran, 3. Menguasai dalam pengelolaan kelas, 4. Penguasaan standar kompetensi guru, 5. Kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran, 6. Kemampuan guru dalam berinteraksi dengan anak didik pada saat pembelajatan. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, RA Diponegoro 14 Sidabowa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, RA Diponegoro 14 Sidabowa |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Defi Tri Wijayanti sdri |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 02:11 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 02:11 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11786 |
Actions (login required)
View Item |