STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA IKM DODOL TAPE SIRSAK SUPER “IBU NUR” DESA LESMANA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Iva, Nisa Pertiwi (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA IKM DODOL TAPE SIRSAK SUPER “IBU NUR” DESA LESMANA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
IVA NISA PERTIWI_STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA IKM DODOL TAPE SIRSAK SUPER 'IBU NUR' DESA LESMANA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Industri makanan menjadi salah satu industri yang paling diminati oleh para pelaku bisnis. Di mana makanan merupakan kebutuhan bagi makhluk hidup sebagai sumber energi. IKM Dodol Tape Sirsak Super “Ibu Nur” adalah industri kecil yang memproduksi dodol yang terletak di Desa Lesmana, Ajibarang. Dodol merupakan makanan tradisional yang rasanya manis dan kenyal yang sering dijadikan sebagai makanan oleh-oleh. IKM Dodol Tape Sirsak Super “Ibu Nur” berbeda dari industri dodol lainnya yang terdapat di Desa Lesmana, karena dalam memasarkan produknya tidak dipasarkan di pasar tradisional pada umumnya, melainkan dipasarkan di supermarket dan merupakan satu-satunya industri dodol yang sudah terdapat label Halal dari MUI dan sudah menggunakan kemasan modern dan higienis dibanding industri dodol lainnya yang terdapat di Desa Lesmana. Industri ini didirikan oleh Ibu Nur Inganah Fauziah pada tahun 1996. Dalam penelitian ini, masalah yang diangkat adalah bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh IKM Dodol Tape Sirsak Super “Ibu Nur” dalam meningkatkan penjualannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dan jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada IKM Dodol Tape Sirsak Super “Ibu Nur” adalah dengan menerapkan (marketing mix) bauran pemasaran 4P, yaitu strategi produk adalah dengan menjaga kualitas produk dengan baik dan dengan menggunakan kemasan yang modern. Strategi harga adalah dengan menetapkan harga produk ketika bahan baku mengalami kenaikkan harga dan ketika musim lebaran. Strategi distribusi adalah melalui online, offline dan reseller. Strategi promosi adalah dengan melalui personal selling, advertensi dan promosi penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stategi Pemasaran, Penjualan, IKM
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Iva Nisa Pertiwi sdri
Date Deposited: 26 Oct 2021 04:09
Last Modified: 26 Oct 2021 04:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11771

Actions (login required)

View Item View Item