ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATEMATIKA PADA UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM KELAS VIII SMP NEGERI 1 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

Anggi, Prisma Oktavia (2021) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATEMATIKA PADA UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM KELAS VIII SMP NEGERI 1 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka-compressed.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Anggi Prisma Oktavia_ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATEMATIKA PADA UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM KELAS VIII SMP NEGERI 1 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS-compressed.pdf

Download (879kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah sarana dalam mencapai tujuan pendidikan. Evaluasi menjadi bagian dari pembelajaran yang turut berperan penting dalam pencapian tujuan tersebut. Kegiatan UAS atau Ujian Akhir Semester merupakan kegiatan evaluasi sumatif yang menggunakan instrumen tes. Tugas guru tidak hanya berhenti pada tahap mengevaluasi peserta didik saja tetapi juga memiliki tugas untuk mengetahui kelayakan atau kualitas dari instrumen evaluasi yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas butir soal Matematika pada Ujian Akhir Semester Gasal kelas VIII di SMP Negeri 1 Patikraja Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2020/2021 berdasarkan ranah kognitif pada Taksonomi Bloom revisi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah soal UAS Gasal Matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Patikraja tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Data penelitian dianalisis menggunakan Analisis Isi Kuantitatif (Quantitative Content Analysis). Hasil penelitian terhadap 40 butir soal pilihan ganda menunjukan bahwa terdapat 3 soal (7,5 %) kategori C1 faktual, 6 soal (15 %) kategori C2 faktual, 2 soal (5 %) kategori C2 konseptual, 4 soal (10 %) kategori C3 faktual, 7 soal (17,5 %) kategori C3 konseptual, 7 soal (17,5 %) kategori C3 prosedural, 6 soal (15 %) kategori C4 konseptual, 2 soal (5 %) kategori C4 prosedural, 1 soal (2,5 %) kategori C5 faktual, 1 soal (2,5 %) kategori C5 konseptual, dan 1 soal (2,5 %) kategori C6 prosedural. Jika hasil analisis soal dikaitkan dengan tingkat kemampuan berfikir peserta didik maka diperoleh data terdapat 27,5 % soal LOTS, 65 % soal MOTS, dan 7,5 % soal HOTS. Jika hasil analisis soal dikaitkan dengan tingkat kesukaran maka diperoleh hasil analisis yang menunjukkan terdapat 11 soal (27,5 %) kategori mudah, 26 soal (65 %) kategori sedang, dan 3 soal (7,5 %) kategori sukar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Soal Matematika, Ranah Kognitif, Taksonomi Bloom
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Anggi Prisma Oktavia sdri
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:47
Last Modified: 26 Oct 2021 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11769

Actions (login required)

View Item View Item