ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INITIAL TRUST SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN (REPURCHASE INTENTION) PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA (STUDI KASUS PADA PENGGUNA MARKETPLACE TOKOPEDIA DI PURWOKERTO)

TIA, NURAENI (2021) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INITIAL TRUST SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN (REPURCHASE INTENTION) PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA (STUDI KASUS PADA PENGGUNA MARKETPLACE TOKOPEDIA DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tia Nuraeni_Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Initial Trust Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Marketplace Tokopedia (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia di Purwokerto).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan pesat akses internet memiliki dampak positif pada dunia bisnis atau pemasaran. Banyak dari pelaku bisnis yang menangkap adanya peluang yang cukup besar dari perkembangan e-commerce tersebut. Salah satu jenis e-commerce yang berkembang di Indonesia ialah jenis marketplace. Berbagai jenis marketplace mulai bermunculan, sehingga persaingan semakin ketat. Tokopedia menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia dengan jumlah traffic share tertinggi dibandingkan marketplace lainnya. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk tetap menjaga eksistensinya ialah dengan cara membangun initial trust terhadap konsumen. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui faktor-aktor apa saja yang dapat mempengaruhi initial trust konsumen serta dampaknya terhadap minat beli ulang konsumen pada marketplace Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan data primer yang diperoleh dari kuisioner yang diukur dengan menggunakan skala likert. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan ialah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 25. Berdasrkan hasil uji yang telah dilakukan menunjukan bahwa variabel perceived corporate reputation tidak berpengaruh secara signifikan terhadap initial trust, variabel perceived ease of use dan perceived website security berpengaruh secara positif signifikan terhadap initial trust, dan variabel initial trust berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang konsumen. Variabel initial trust tidak berhasil memediasi pengaruh variabel perceived corporate reputation terhadap minat beli ulang konsumen, namun berhasil memediasi pengaruh variabel perceived ease of use dan variabel perceived website security terhadap variabel minat beli ulang konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perceived Corporate Reputation, Perceived Ease of Use, Perceived Website Security, Initial Trust, Minat Beli Ulang Konsumen.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Tia Nuraeni
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:36
Last Modified: 25 Oct 2021 06:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11725

Actions (login required)

View Item View Item