MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MA’ARIF NU CANDIWULAN KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA

Ika, Afriyani (2020) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MA’ARIF NU CANDIWULAN KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Ika Afriyani_MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MA’ARIF NU CA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pendidikan tidak lepas dari unsur-unsur pendidik yang meliputi peserta didik, kurikulum, media, model pembelajaran dan lingkungan. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran tematik kelas IV di MI Ma’arif NU Candiwulan Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana implementasi model pembelajaran koperatif pada pembelajaran tematik kelas IV di MI Ma’arif NU Candiwulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran tematik kelas IV di MI Ma’arif NU Candiwulan. Manfaat penelitian ini yaitu untuk dapat memberi masukan atau informasi (referensi) dan bahan pertimbangan dalam proses kegiatan belajar mengajar khususnya dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan pada kondisi natural. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, Guru dan Siswa kelas IV. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang penulis gunakan yaitu melalui tiga tahap, yang pertama reduksi data, penulis mengelompokkan data-data dalam penelitian dan membuang data-data yang tidak dibutuhkan. Langkah yang kedua adalah penyajian data dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah tentang model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran tematik kelas IV di MI Ma’arif NU Candiwulan, yang diterapkan pada pembelajaran tematik dan sudah menerapkan langkah-langkah pebelajarannya dengan baik serta sesuai dengan teori yang ada. Masing-masing siswa bekerjasama secara kelompok dan kritis terhadap apa yang akan ditanyakan dan apa yang akan dijawab, suasana kelas aktif dan ramai namun tetap terkondisikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, Model, Pembelajaran, Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ISNAENI PUTRANTI sdri
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:19
Last Modified: 25 Oct 2021 04:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11714

Actions (login required)

View Item View Item