Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Konteks Islami untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi SPLDV Kelas VIII

Dina, Rahmawati (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Konteks Islami untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi SPLDV Kelas VIII. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dina Rahmawati_Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Konteks Islami untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi SPLDV Kelas VIII.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Hal ini bertujuan agar peserta didik dapat mengomunikasikan peristiwa yang ada di sekitar ke dalam simbol matematika. Selain itu, dalam proses pembelajaran diperlukan adanya penanaman konteks Islami agar peserta didik dapat menginternalisasi nilai-nilai Islami dan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis terhadap peristiwa sehari-hari yang dapat dituangkan dalam model matematika. SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dalam pembelajaran jarak jauh sering menggunakan media konvensional dan penugasan. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran menjadi monoton, oleh karenanya peran ragam media pembelajaran menjadi sangat penting guna mendukung pembelajaran jarak jauh yang lebih berinovasi. Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia pendidikan berkembang dengan begitu pesat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV di semester 1 kelas VIII SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Materi SPLDV merupakan materi yang membutuhkan kemampuan komunikasi matematis. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah Ressearch and Development dengan kuasi eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran interaktif berbasis konteks Islami valid dan layak digunakan sebagaimana hasil validasi ahli materi dengan presentase 83,33%, ahli media dengan presentase 88,72%, ahli konteks Islami dengan presentase 88,33%, penilaian guru dengan presentase 94%, penilaian siswa uji terbatas dengan presentase 83,51% , dan penilaian siswa uji coba lapangan dengan presentase 82,94% . Selanjutnya efektifitas media pembelajaran interaktif dinyatakan efektif meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dengan skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,73 yang lebih baik dari skor N-Gain kelas kontrol sebesar 0,29 yang selanjutnya digeneralisasi menggunakan uji-t dengan signifikansi (2 − tailed) 0,000 < 0,05 sehingga H0 bahwa media pembelajaran interaktif berbasis konteks Islami pada materi SPLDV tidak valid dan tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Konteks Islami, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 000 Generalities > 006 Special computer methods
000 Generalities > 020 Library and information sciences
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Dina Rahmawati
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:55
Last Modified: 25 Oct 2021 02:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11692

Actions (login required)

View Item View Item